Kecelakaan Solo: Diduga Rem Blong, Truk Pasir Seruduk Bus di Kedawung

Polisi mengevakuasi truk bermuatan pasir yang menabrak bagian belakang bus Aneka Jaya di perempatan Dawung, Serengan Solo, Sabtu (21/4 - 2018) siang. (Solopos/Arif Fajar S)
21 April 2018 15:10 WIB Arif Fajar S Solo Share :

Solopos.com, SOLO – Upaya Erwan, 23, menghentikan laju truk bermuatan pasir yang dikemudikannya dengan cara menginjak pedal rem berkali-kali tak membuahkan hasil, akibatnya bagian depan truk menabrak bus Aneka Jaya berpelat nomor AE 7260 UX yang berhenti di lampu merah perempatan Dawung, Serengan, Solo, Sabtu (21/4/2018) siang.

Bagian depan truk berwarna kuning berpelat nomor E 8473 VB ringsek, pemilik truk Mukohar yang duduk di sisi kiri bersama satu orang kuli angkut pasir mengalami luka pada bagian kaki dan dilarikan ke RS Kustati, Pasar Kliwon, Solo.

Menurut Erwan, warga Jogja, saat itu truk yang baru mengambil pasir Merapi dari Pakis, Jogja melaju dari arah selatan. Saat sampai turunan sebelum perempatan lampu merah Dawung, Jl. Yos Sudarso, dia melihat ada bus Aneka Jaya berhenti karena lampu pengatur lalu lintas menyala merah.

"Saya langsung berusaha mengerem truk dengan cara menginjak pedal rem berkali-kali karena rem pocokan, namun tak kunjung berhenti karena jaraknya semakin dekat akhirnya truk menabrak belakang bus," ujar Erwan yang mengaku hendak mengantarkan pasir ke Tasikmadu, Karanganyar.

Menurut Rudi, 28, satpam Pegadaian Syariah yang berada di sisi barat perempatan, truk bermuatan pasir dari atas jembatan (selatan) melaju ke utara, pengemudi truk seperti berusaha mengerem tapi truk terus melaju hingga akhirnya menabrak bagian belakang bus Aneka Jaya.

"Sepertinya rem truk blong, pengemudi tidak membanting kemudi ke kiri karena banyak sepeda motor dan kendaraan lain diduga mengindari korban lebih banyak, sehingga menabrak bagian belakang bus. Kejadian menjelang pukul 12.00 WIB," ujarnya di tempat kejadian perkara.

Sempat terjadi kemacetan dari arah Solo Baru, Sukoharjo sebelum polisi mengevakuasi truk bermuatan pasir ke sisi jalan.

Kasatlantas Polresta Solo, Kompol Imam Safii melalui Kantilaka Iptu Bambang Subekti, mengatakan truk langsung dibawa ke Satlantas Solo, dua korban penumpang truk yang mengalami luka sudah dibawa ke RS Kustati, Pasar Kliwon.