Lomba Kelurahan Solo: Tipes Maju Provinsi Jateng

Pengrajin kok, Suparno, membuat kok di kampung Dipotrunan, Tipes, Serengan, Solo. (Solopos/dok)
23 April 2018 00:00 WIB Muhammad Ismail Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Pemerintah Kota (Pemkot) Solo menetapkan Kelurahan Tipes, Serengan sebagai juara I Lomba Kelurahan 2018. Pemenang lomba kelurahan ini berhak mewakili Kota Bengawan maju di tingkat Provinsi Jateng.

“Kami sudah menerima pemberitahuan dari Pemkot Solo pada Rabu kemarin kalau Tipes juara I lomba Kelurahan 2018. Juara I dalam lomba ini mendapatkan piagam dan uang pembinaan senilai Rp11 juta,” ujar Lurah Tipes Suharudi saat dihubungi Solopos.com, Kamis (19/4/2018).

Rudi sapaan akrab lurah Tipes ini mengungkapkan keluarnya Tipes sebagai juara I merupakan prestasi membanggakan bagi Pemerintah Kelurahan Tipes beserta masyarakat mulai dari tingkat RT dan RW. Menurutnya, masyarakat siap menyambut lomba kelurahan tingkat Provinsi Jateng.

“Kami mulai melengkapi semua berkas administrasi yang dibutuhkan tim juri dari provinsi. Warga Tipes siap menyambut kedatangan tim juri dari provinsi,” kata dia.

Ditanya mengenai perincian hasil nilai, Rudi mengaku kurang begitu tahu soal hasil penilaian karena tim juri belum menyampaikan hasil penilaian ke pemerintah Kelurahan Tipes. Menurutnya Pemkot Solo untuk membantu mendampingi Kelurahan Tipes dalam pengiriman berkas administrasi ke Pemerintah Provinsi Jateng.

“Kami juga sudah menyiapkan lokasi unggulan yang nantinya akan dikunjungi tim juri dari Provinsi Jateng. Tipes masih tetap mengandalkan ekonomi kreatif seperti kain perca, blangkon, dan shuttlecock. Kami melihat keberadaan pengrajin kain perca di Kampung Tipes RW 013 banyak diminati warga dari luar daerah. Kain perca banyak dibuat menjadi baju, tas, dan lainnya,” kata dia.

Ia berharap dengan kemenangan ini bisa menjadikan warga lebih bersemangat untuk memajukan ekonomi kratif di Tipes sehingga menjadikan masyarakat lebih sejahtera.