Ketua Komisi IV DPRD Sragen Kena Serangan Jantung saat Tunggu Rapat

Rapat Paripurna DPRD Sragen, Senin (23/4 - 2018) siang. (Solopos/Kurniawan)
23 April 2018 16:35 WIB Kurniawan Sragen Share :

Solopos.com, SRAGEN -- Ketua Komisi IV DPRD Sragen, Suharjo, harus dilarikan ke Intensive Care Unit (ICU) RSUD Soehadi Prijonegoro Sragen lantaran mengalami serangan jantung, Senin (23/4/2018) pukul 10.00 WIB.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, politikus PDIP tersebut mendadak mengalami serangan jantung saat duduk menunggu Rapat Paripurna DPRD Sragen dengan agenda Laporan Hasil Pembahasan Pansus DPRD Sragen terhadap LKPj Bupati Tahun Anggaran 2017.

Seorang anggota staf Sekretariat DPRD Sragen, Wulan, menuturkan Suharjo dalam kondisi tak sadarkan diri saat dibawa ke RSUD. Politikus senior itu selamat hingga tiba di ICU RSUD Sragen. "Tiba-tiba pingsan pas duduk menunggu rapat," ujar dia.

Sedangkan Ketua DPRD Sragen, Bambang Samekto, saat diwawancarai wartawan mengatakan berdasarkan diagnosis dokter, Suharjo terkena serangan jantung. "Terjadi penyempitan pembuluh darah. Usia-usia segitu memang rawan," tutur dia.

Sesama politikus PDIP itu menjelaskan sebelum berangkat ngantor, Suharjo tidak sarapan. Tapi Bambang tidak tahu apakah hal itu yang memicu turunnya kondisi kesehatan Suharjo atau karena hal lain. "Seharusnya Pak Harjo mulai berolahraga rutin, ringan saja," kata dia.

Bambang mengaku hampir tidak pernah melihat Suharjo berolahraga fisik. Padahal usianya sudah mencapai 60 tahun. "Walau memang tidak merokok, tapi dia aktif berkumpul dengan masyarakat atau berbagai kegiatan sosial di mana banyak perokok," imbuh dia.

Olahraga itu bisa dilakukan di ruang fitnes di bagian belakang Kompleks Gedung DPRD Sragen. Bambang menyatakan ruang fitnes selalu terbuka bagi siapa pun yang ingin memanfaatkannya. Beberapa legislator pun menurut dia lumayan sering berolahraga di ruangan tersebut.

Ke depan Bambang berencana membuat program olahraga bagi kalangan legislator agar lebih sehat. Dia juga akan mengadakan satu unit mobil ambulans yang akan standby di Kompleks DPRD. "Nanti kami buat program olahraga dan pengadaan ambulans," urai dia.

Di sisi lain, Wakil Ketua DPRD Sragen, Hariyanto, yang mengantar Suharjo sampai ke ICU RSUD Sragen berharap koleganya tersebut segera sembuh dan berkumpul lagi di DPRD. Politikus PKB itu menyerukan rekan-rekannya untuk mulai menjaga kesehatan.

"Sebelum ini sahabat kami di FPKB [Husein Kusyaeni] meninggal dunia karena serangan jantung. Jangan karena kesibukan jadi lupa kesehatan," seru dia.

Karena padatnya kegiatan terkadang membuat para legislator tak ada waktu untuk istirahat. Apalagi pada hari Minggu saat musim hajatan, sangat banyak undangan yang menuntut kehadiran legislator. "Harus pandai-pandai jaga kesehatan," tutur dia.