7.336 Orang Berebut 965 Lowongan Perangkat Desa Klaten

Ilustrasi tes seleksi perangkat desa. (Solopos/Dok)
28 April 2018 01:35 WIB Taufik Sidik Prakoso Klaten Share :

Solopos.com, KLATEN -- Sebanyak 7.336 orang bakal mengikuti seleksi perangkat desa  yang digelar serentak pada Minggu (29/4/2018) di Klaten. Ujian terpusat di satu lokasi masing-masing kecamatan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermasdes) Klaten, Jaka Purwanto, mengatakan 7.336 orang itu memperebutkan 965 lowongan perangkat desa di 376 desa dari total 391 desa di Klaten. “Sebanyak 15 desa tidak menyelenggarakan karena jumlah perangkat desa sudah terpenuhi,” kata Jaka saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Jumat (27/4/2018).

Jaka menuturkan koordinasi teknis persiapan seleksi sudah dilakukan dengan perguruan tinggi penguji serta pemerintah kecamatan. Tim khusus dari Dispermasdes memantau persiapan seleksi perangkat desa  pada Sabtu (28/4/2018) atau satu hari sebelum ujian. Sementara tim kabupaten bakal memantau proses ujian pada Minggu.

Jaka mengatakan ujian perangkat desa dilakukan di satu lokasi masing-masing kecamatan di bawah koordinasi camat. Ujian bakal meminjam gedung sekolah. Terkait perguruan tinggi penguji di lima desa  yang tak memakai jasa Unwidha dan UAD, Jaka mengatakan juga dilakukan di lokasi yang sama.

Sebanyak empat desa yakni Desa Kebondalem Lor, Desa Bugisan, Desa Kemudo, dan Desa Brajan, Kecamatan Prambanan, menggunakan perguruan tinggi penguji dari UNY. Sementara Desa Dompol, Kecamatan Kemalang, menggunakan penguji dari UGM. “[Desa] Dompol sesuai keterangan dari camat [ujian perangkat desa] juga digelar pada Minggu,” katanya.