Wali Kota Solo Ikut Menari Gambyong di Gladag

Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo ikut menari Gambyong seusai pembukaan acara Solo Menari di kawasan Gladak, Solo, Minggu (29/4 - 2018). (Solopos/Ika Yuniati)
29 April 2018 09:10 WIB Ika Yuniati Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Tari Gambyong Tri WMP karya dosen ISI Solo, Nanuk Rahayu, mengawali Solo Menari  di Jl. Slamet Riyadi ruas Gladag hingga perempatan Novotel, Solo, Minggu (29/4/2018) pagi.

Tak ketinggalan, Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo beserta istri Endang Prasetyaningsih, Wakil Wali Kota Solo Purnomo, dan sejumlah pejabat lain tampak ikut menari bersama ribuan peserta Solo Menari  lainnya.

Sebelumnya, acara Solo Menari memperingati Hari Tari Dunia (HTD) yang diselenggarakan Pemkot Solo tersebut dibuka dengan pemotongan tumpeng dan pemukulan kenong oleh Wakil Wali Kota didampingi Wali Kota dan pejabat muspida. Tarian dilanjutkan dengan Gambyong Pare Anom karya mendiang Ngaliman dan Tari Pergaulan.

Dalam laporannya pada pembukaan acara Solo Menari  itu, Kepala Dinas Kebudayaan Solo, Kinkin Sultanul Hakim, menyebutkan ada 5.280 penari Gambyong ikut memeriahkan acara yang digelar bersamaan dengan car free day (CFD) tersebut.Mereka terdiri atas murid SMP dan SMA, perwakilan kecamatan,murid sanggar seni, dan perwakilan dari instansi pemerintahan.

Mereka mengenakan riasan dan kostum Tari Gambyong lengkap dengan jarit lereng sogan, kemben kain jumputan, selendang, dan gelungan. Panitia membuat formasi sepuluh warna pada selendang dan kemben jumputan. Sisanya sekitar 1.500 peserta mengenakan kostum kebaya dan selendang. Saat Tari Pergaulan ada pembagian 1.500 sampur ke penonton.