Dapur Hello Cow Restaurant Solo Terbakar

Ilustrasi api. (videoblocks.com)
01 Mei 2018 16:35 WIB Muhammad Ismail Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Dapur Hello Cow Restaurant Jl. Slamet Riyadi No. 11 Solo, terbakar  pada Senin (30/4/2018) malam. Kebakaran terjadi akibat karyawan lupa mematikan kompor gas. Tidak ada korban jiwa maupun lupa akibat kejadian tersebut.

Kapolsek Banjarsari Kompol I Komang Sarjana mewakili Kapolresta Kombes Pol. Ribut Hari Wibowo mengungkapkan kebakaran terjadi pukul 23.30 WIB bermula saat karyawan bagian dapur sedang mamanasi makanan di panci dengan api kecil.

“Karyawan lupa mematikan kompor tersebut saat kondisi tempat makan tutup dan tidak ada orang. Kami menerima laporan dari warga yang melihat ada api di dalam rumah makan Hello Cow Restaurant langsung menuju ke lokasi kejadian,” ujar Komang saat dihubungi Solopos.com, Selasa (1/5/2018).

Komang menjelaskan Polsek Banjarsari meminta bantuan Dinas Pemadam Kebakaran  Pemkot Solo untuk memadamkan api. Api baru bisa dipadamkan setelah enam unit mobil damkar tiba di lokasi kejadian.

“Kami mencatat kerugian akibat kejadian ini senilai Rp5 juta. Polsek Banjarsari mengimbau kepada pemilik warung makan agar lebih berhati-hati saat menutup warung harus memastikan tidak ada kompor yang masih menyala,” kata dia.

Pemilik tempat makan tersebut, Anita Sari 45, warga Mangkubumen, Banjarsari, yang bekerja sebagai notaris di Solo, belum bisa dimintai konfirmasi soal kebakaran tersebut. 

Kepala Dinas Damkar Solo, Gatot Sutanto, membenarkan adanya kebakaran di Hello Cow Restaurant pada Senin malam. Api baru bisa dipadamkan pukul 23.40 WIB. Kondisi dapur hangus terbakar semua.

“Kami mencatat ada dua kasus kebakaran  selama sehari kemarin [Senin]. Kabakaran sebelumnya terjadi di Jl. Slamet Riyadi di Gladak sekitar pukul 19.00 WIB akibat mobil Daihatsu Terios mengalami korsleting kabel aki dan terbakar. Tidak ada korban jiwa akibat kejadian itu,” kata Gatot.

Ia menghimbau warga selalu mengecek kendaraan secara rutin agar tidak sampai mengalami korsleting bagian kabel aki yang bisa mengakibatkan mobil terbakar. Selain itu, pemilik tempat usaha harus melakukan pengecekan bagian dapur sebelum menutup tempat makan.

“Sebentar lagi masuk bulan Ramadan aktivitas warga di bagian dapur pastinya meningkat. Kami mengimbau warga jangan sampai meninggalkan kompor dalam kondisi menyala,” kata dia.