Jelang Lebaran, TSTJ Kedatangan 4 Satwa Baru

Tiga ekor rusa timor koleksi baru Taman Satwa Taru Jurug, Solo, Sabtu (19/5 - 2018). (Istimewa)
20 Mei 2018 11:00 WIB Farida Trisnaningtyas Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) Solo  kembali menambah koleksi satwa baru dengan datangnya tiga ekor rusa timor dan seekor beruang madu, Sabtu (19/5/2018). Mereka dari kebun binatang Bandung yang merupakan hasil kerja sama pertukaran satwa antartaman satwa berpelat merah.

Direktur Utama TSTJ, Bimo Wahyu Widodo Dasir, mengatakan rencana pertukaran satwa antarkebun binatang di Indonesia ini sudah direncanakan sejak 2017 lalu. Dalam hal ini TSTJ  bekerja sama dengan Taman Margasatwa Ragunan, Kebun Binatang Bandung, dan Kebun Binatang Maharani Lamongan.

“Ada tiga ekor rusa dan seekor beruang dari Bandung. Sebelumnya, kami juga mengirimkan tiga ekor rusa ke sana. Kedatangan hewan ini ke Jurug agar di tempat kami ada rusa baru sehingga menghindari perkawinan sedarah,” paparnya kepada wartawan.

Ketiga ekor rusa timor ini bernama Bobi, Emon, dan Entis. Sedangkan beruang madu bernama Aurel. Jika kedatangan rusa ini supaya ada keturunan baru, beruang Aurel bakal dikawinkan dengan beruang koleksi TSTJ, Bolu.

Di sisi lain, satwa baru ini tidak perlu dikarantina lantaran dalam kondisi sehat. Keempat ekor binatang ini hanya butuh adaptasi hingga dua hari untuk pengenalan lingkungan kemudian digabung dengan hewan lainnya yang sejenis. Kini TSTJ memiliki 343 koleksi satwa yang terbagi dalam 69 jenis.

“Sebelumnya kami mengecek langsung ke kandang, lalu memeriksa kesehatan mereka baru kemudian dikirim ke sini dengan standar angkut yang tentunya tidak membahayakan hewan-hewan ini,” imbuhnya.

Dokter hewan TSTJ, Siti Nuraini, menambahkan keempat ekor satwa yang baru saja datang ke TSTJ dalam kondisi baik. Hewan-hewan itu hanya perlu adaptasi lingkungan baru sebelum dicampur dengan hewan lain yang sama.

“Tentunya kedatangan hewan ini makin menambah koleksi satwa kami. Selain itu, sebentar lagi ada momen Lebaran sehingga ini kian melengkapi wahana wisata  edukasi satwa bagi para pengunjung nanti,” katanya.

Setelah ini, TSTJ bakal kedatangan seekor singa jantan dari Taman Rekreasi Margasatwa Seruling Mas Banjarnegara. Kemungkinan besar singa ini akan sampai di TSTJ awal Juni mendatang.

Sebelumnya, TSTJ juga mendapat satwa baru dari Taman Margasatwa Ragunan berupa sepasang Sitatungga (rusa berlorek putih), sepasang Kapibara (tikus besar), sepasang rusa tutul, dan tiga ekor pelikan.