2 Bocah Sukoharjo Kehilangan Nyawa Gara-Gara Sandal Hanyut

ilustrasi tenggelam. (Solopos/Dok)
24 Mei 2018 12:15 WIB Trianto Heri Suryono Sukoharjo Share :

Solopos.com, SUKOHARJO -- Dua bocah meninggal dunia akibat tenggelam  di kedung Sungai Jlantah, Dukuh Menggung Gudang RT 001/RW 001, Desa Manisharjo, Kecamatan Bendosari, Sukoharjo, Rabu (23/5/2018). Keduanya yakni Dava Al Fauzan, 8, dan Muhammad Saputra, 6, warga setempat.

Dava masih kelas II SD di Desa Manisharjo sedangkan Muhammad belum bersekolah. Informasi yang diperoleh Solopos.com, Kapolsek Bendosari, AKP Zunaidi mewakili Kapolres Sukoharjo, AKBP Iwan Saktiadi, Kamis (24/5/2018), kecelakaan  air itu terjadi gara-gara kedua bocah itu hendak mengambil sandal yang hanyut.

Kapolsek bercerita kedua anak itu sekitar pukul 14.30 WIB bermain di sekitar kedung atau semacam dam. Saat bermain itu, sandal Dava jatuh ke kedung. Dava berusaha mengambil sandal itu tetapi dihalang-halangi oleh Muhammad karena berbahaya.

Diduga karena terpeleset, kedua bocah itu malah masuk ke sungai. Salah satu saksi mata, Ikhsan, 10, melihat keduanya tenggelam dan berteriak meminta tolong. Teriakan Ikhsan didengar Ratno, 63, warga setempat.

Namun, Dava dan Muhammad sudah tidak terlihat di permukaan kedung. "Tidak lama berselang warga mulai berdatangan ke TKP [tempat kejadian  perkara] untuk menolong korban."

Warga berusaha mencari kedua bocah itu dan baru 30 menit kemudian mereka menemukan tubuh Dava. "Warga mengangkat Dava ke permukaan. Satu jam kemudian Muhammad juga ditemukan dan dievakuasi ke daratan. Kedua korban kemudian dibawa ke RSUD Ir. Soekarno, Sukoharjo, untuk diperiksa penyebab kematiannya. Hasil pemeriksaan tim medis tidak ada tanda-tanda penganiayaan."

Dava langsung dimakamkan Rabu malam sementara Muhammad dimakamkan pada Kamis di permakaman umum desa setempat. Salah seorang warga, Poniman, mengungkapkan Muhammad tak langsung dimakamkan karena menunggu ayahnya pulang dari perantauan.

"Jenazah Muhammad dimakamkan hari ini pukul 11.00 WIB sedangkan jenazah Dava sudah dimakamkan kemarin [Rabu malam]," katanya.