Maling HP Berkeliaran di Kawasan UMS Pabelan Tertangkap

Ilustrasi pencurian handphone. (mirror.co.uk)
24 Mei 2018 19:15 WIB Trianto Heri Suryono Sukoharjo Share :

Solopos.com, SUKOHARJO -- Tim Resmob Polsek Kartasura, Sukoharjo, menangkap seorang pencuri  handphone (HP) yang berkeliaran saat ramai-ramainya orang mencari takjil di Jl. Garuda Mas depan Kampus II Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Pabelan, awal pekan ini.

Choirul Anam, 33, warga Tembok RT 002/RW 007, Kelurahan Harjosari, Kecamatan Karangpandan, Karanganyar, ketahuan mencuri HP milik Amar Benni Nugroho, 35, warga Jl. Menco VI B No. 20 Nilasari Baru, Gonilan, Kartasura, Sukoharjo. “Tersangka ditangkap Senin [21/5/2018] sekitar pukul 17.00 WIB karena diduga mencuri handphone,” ungkap Kapolsek Kartasura AKP Demianus Palulungan mewakili AKBP Iwan Saktiadi, Rabu (23/5/2018).

Choirul langsung ditangkap dan diamankan anggota resmob dari amuk massa. Kapolsek bercerita, Amar Benni pada Senin sore hendak membeli takjil atau makanan untuk berbuka puasa dan memarkir sepeda motor di sekitar lokasi penjual takjil.

“Handphone milik korban ditaruh di laci dashboard dan ditinggal membeli jajanan. Tak lama kemudian tersangka datang dan mengambil handphone milik korban,” ujar Kapolsek.

Amar memergoki saat Choirul mengambil HP-nya dan spontan mengejar sambil berteriak maling. Teriakan Amar didengar warga dan petugas Polsek Kartasura yang sedang melakukan pengamanan di GOR UMS Pabelan Kartasura.

"Petugas Polsek langsung ikut mengejar dan menangkap pelaku. Anggota [polisi] membawa pelaku ke Polsek Kartasura untuk dilakukan penyidikan,” jelasnya.

Hasil penyidikan, Choirul telah mencuri  handphone di berbagai tempat di antaranya tiga kali di lingkungan kampus UMS, Pabelan, Kartasura, dan masing-masing sekali di lingkungan kampus UNS Solo dan Sunggingan, Boyolali.

“Di Boyolali, tersangka mengambil helm sedangkan di empat lokasi yang lain barang yang dicuri semua handphone.”

Barang bukti yang disita dari tangan Choirul berupa tiga unit handphone dan satu unit sepeda motor berpelat nomor polisi AD 2168 AMF warna hitam.