Lebaran, Perhatikan Lokasi Rawan Kriminalitas dan Lakalantas Solo

Rambu peringatan agar pengendara hati/hati. (Solopos/Dok)
28 Mei 2018 17:15 WIB Muhammad Ismail Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Polresta Surakarta mengantisipasi delapan lokasi rawan kriminalitas di Kota Solo  selama Lebaran 2018. Petugas khusus akan diterjunkan untuk menindak tegas pelaku tindak kejahatan di Kota Bengawan.

“Kami sudah memetakan lokasi rawan kriminalitas di Kota Solo saat Lebaran nanti. Delapan lokasi tersebut yakni Karangasem, Fajar Indah, Sumber, Kadipiro, Mojosongo, Kampus UNS [Universitas Sebelas Maret], Kratonan, dan Semanggi,” ujar Kabag Ops Polresta Surakarta, Kompol Arif Joko mewakili Kapolresta Solo Kombes Pol. Ribut Hari Wibowo saat ditemui wartawan di Mapolresta Surakarta, Senin (28/5/2018).

Arif mencontohkan kawasan UNS masuk lokasi rawan kriminalitas karena terdapat ratusan tempat indekos serta rumah kontrakan. Tempat indekos dan rumah kontrakan saat Lebaran  ditinggal mudik sehingga rawan disatroni pencuri.

“Kami perlu melakukan pengawasan di kawasan UNS dengan melibatkan Linmas dan Bhabinkamtibmas [Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat] Jebres untuk memperketat pengamanan di kampung,” kata dia.

Berdasarkan evaluasi Lebaran tahun lalu, banyak pencuri memanfaatkan Lebaran untuk melakukan aksinya. Ia berharap Lebaran tahun ini tidak ada lagi laporan pencurian rumah kosong atau kejahatan lainnya.

Polresta Surakarta juga telah memetakan empat jalan rawan kecelakaan lalu lintas  (lakalantas). Keenpat ruas jalan itu yakni Jl. Adisucipto (simpang tiga Fave Hotel), Jl. Ahmad Yani (perempatan Terminal Tirtonadi), Jl. Ir. Sutami (perempatan Sekarpace), dan Jl. Sumpah Pemuda (perempatan Mojosongo).

“Satlantas [Satuan lalu lintas] Polresta Surakarta yang nantinya bertugas menjaga lokasi jalan rawan lakalantas. Kami akan menginformasikan kepada warga jika ada lakalantas supaya kendaraan tidak terjebak kemacetan,” kata dia.

Kasatlantas Polresta Surakarta Kompol Imam Syafi’i mengungkapkan keberadaan pasar tumpah di Kota Solo juga patut diwaspadai saat musim mudik Lebaran nanti. Selama ini pasar tumpah bisa menjadi pemicu kemacatan akibat pedagang kaki lima (PKL) dadakan berjualan di pinggir jalan.

“Kami juga melakukan antisipasi kemacetan di lokasi pasar moderen seperti Luwes Kestalan, Matahari Singosaren, Solo Grand Mall, Solo Squere Mall, Paragon Mall, PGS & BTC, dan Luwes Novotel,” kata Imam.