Overpass Tol Soker Ngemplak Boyolali Jadi Tempat Ngetem Truk

Aparat Polsek Ngemplak patroli truk yang ngetem di jalan menuju overpass tol Soker di Desa Pandeyan, Boyolali, Selasa (29/5 - 2018). (Istimewa/Polsek Ngemplak)
31 Mei 2018 12:15 WIB Aries Susanto Boyolali Share :

Solopos.com, BOYOLALI -- Aparat dari Polsek Ngemplak Boyolali menggelar patroli di jalur penyeberangan Tol Solo-Kertosono  (Soker) Desa Pandeyan, Ngemplak, Boyolali, Selasa (29/5/2018) malam. Patroli dilakukan karena jalur yang belum lama dioperasionalkan itu kerap dijadikan lokasi parkir (ngetem) truk-truk.

Kapolsek Ngemplak, AKP Subiyati, menjelaskan truk-truk itu biasanya ngetem di overpass pada malam hari. Untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tak dinginkan, kata dia, aparat terjun ke lokasi malam hari dan melakukan pencegahan.

"Kami patroli mulai pukul 22.30 WIB karena malam hari di sana kerap dijadikan ngetem truk-truk. Kami berikan pembinaan kepada para sopir agar tak ngetem di jalur overpass tol Soker," jelasnya kepada Solopos.com, Rabu (30/5/2018).

Ngetem di jalur overpass sangat berbahaya. Selain berkelok-kelok, jalur tersebut juga menjadi perlintasan jalur cepat kendaraan dari arah utara atau selatan. Penyempitan jalan karena ada truk parkir ini bisa memicu kecelakaan lalu lintas.

"Kalau bahu jalan sudah dipakai parkir truk, ini sangat berbahaya dan bisa memicu kecelakaan," jelasnya.

Patroli yang dipimpin Kapolsek Ngemplak tersebut mendapatkan apresiasi sejumlah warga yang mengeluhkan adanya truk-truk di bahu overpass. Salah satu warga Pandeyan, Agus Wibowo, mengatakan jika kebiasaan truk ngetem di bahu jalan overpass tak segera mendapatkan teguran atau tindakan dari aparat, dikhawatirkan akan memicu sopir-sopir truk lainnya ngetem di overpass itu.

"Apalagi kan itu waktunya malam hari. Sangat berbahaya karena jalan tak kelihatan jelas," ujarnya.

Subiyati meminta warga agar bisa sama-sama menjaga ketertiban dan keamanan wilayah Ngemplak. Khususnya di wilayah area tol Soker, dia meminta agar selalu mewaspadai aksi kejahatan. "Dan kami ingatkan jangan parkir di jalur overpass karena sangat berbahaya," terangnya.

Selain mendapati truk-truk ngetem di overpass, patroli Polsek Ngemplak juga menyasar anak-anak remaja dan pemuda yang gemar menongkrong di tol Soker menjelang waktu berbuka puasa. Patroli digalakkan dalam rangka menekan adanya aksi balap liar yang menggunakan Tol Soker yang belum diresmikan tersebut.

Seperti diketahui, selama ini anak-anak muda kerap menggunakan tol Soker untuk balap liar. Mereka kucing-kucingan dengan aparat saat memulai aksi balap liar.