Dishub Solo Anjurkan Pemudik Pilih Bus Berstiker Laik Jalan

Uji kelaikan bus. (Solopos/M. Ferri Setiawan)
05 Juni 2018 17:00 WIB Irawan Sapto Adhi Solo Share :

Solopos.com, SOLO --- Dinas Perhubungan (Dishub) Solo meminta masyarakat yang akan mudik Lebaran lebih teliti memilih alat transportasi demi tercipta perjalanan yang aman dan nyaman. Kabid Pengujian dan Perbengkelan Dishub Solo, Anindita Prayoga, menganjurkan pemudik memilih bus yang telah memiliki stiker lulus uji kelaikan (ramp check).

Pemudik bisa memastikan keberadaan stiker bulat bertuliskan Inspeksi Keselamatan LLAJ Ditjen Hubdat-Kemenhub tersebut di kaca bus depan. Dia menyarankan kepada para pemudik untuk menolak tawaran operator bus yang tidak bisa menunjukkan keberadaan stiker keluaran Kemenhub itu karena bisa dikata bus belum terbukti laik jalan.

“Perjalanan jelas akan lebih aman dan nyaman jika masyarakat memilih menggunakan bus yang sudah terbukti laik jalan,” kata Anin saat ditemui wartawan di sela-sela memimpin kegiatan ramp check angkutan Lebaran 2018 di garasi perusahan bus Mulyo Indah, Kelurahan Banyuanyar, Banjarsari, Selasa (5/6/2018) pagi.

Mengacu arahan Ditjen Hubdat Kemenhub, Anin menerangkan, sedikitnya ada 21 komponen yang perlu diperiksa  saat petugas melakukan ramp check pada unit bus. Pemeriksaan bukan hanya menyasar masalah teknis tapi juga administrasi seperti kelengkapan buku uji kendaraan (KIR), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Surat Tanda Uji Kelayakan (STUK), kartu pengawas, hingga SIM pada pengemudi.

“Jka bus ditemukan tidak laik jalan, kami akan meminta pemilik bus tersebut memperbaiki kekurangan atau kerusakan. Jika mereka nekat jalan tanpa melakukan perbaikan, jalas akan ditilang polisi. Bus yang tidak laik jalan pada intinya tidak diizinkan untuk dipakai melayani penumpang. Kami juga akan mencopot stiker lolos uji kelaikan pada bus yang diketahui tidak dalam kondisi standar setelah dilakukan pemeriksaan ulang,” jelas Anin.

Berdasarkan pantauanDishub Solo menemukan ban di salah satu bus yang habis tidak rata, namun pihak manajemen Mulyo Indah sanggup untuk langsung mengatasi kekurangan tersebut. Setelah dari garasi bus Mulyo Indah, rombongan Dishub melanjutkan perjalanan dengan mengunjungi garasi bus Muncul, Rajawali, dan Rosalia Indah.

Manajer Operasional perusahan Bus Mulyo Indah, Mulyo Indah, Joni Sun, mengklaim pihaknya sudah secara rutin mengecek kelaikan jalan armada bus mereka. Dia menjamin semua bus Mulyo Indah dalam kondisi laik jalan jelang arus mudik Lebaran. 

"Semua sudah siap. Kami terjunkan 20 bus AKAP dan tiga bus AKDP untuk layanan arus mudik dan balik Lebaran tahun ini," terang Joni yang meyakini jumah penumpang bus baru akan naik pada H-7 Lebaran nanti.