Pemudik Mulai Berdatangan, PT KAI dan Bandara Solo Buka Posko

Penumpang KA mudik Lebaran. (Solopos/Dok)
06 Juni 2018 09:46 WIB Hijriyah Al Wakhidah Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Masa angkutan Lebaran 2018 segera dimulai. PT Kereta Api Indonesia (KAI) telah membuka posko mudik Lebaran  di semua stasiun sejak Selasa (5/6/2018). Sedangkan PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Solo bakal mulai membuka posko Lebaran pada Kamis (7/6/2018).

Pejabat Humas PT KAI Daop VI/Yogyakarta, Eko Budiyanto, mengatakan meskipun kereta tambahan yang melayani pemudik baru beroperasi mulai Jumat (8/6/2018), saat ini di beberapa stasiun mulai menunjukkan adanya peningkatan pengguna jasa KA. Arus mudik mulai terlihat di sejumlah stasiun.

Eko menjelaskan hampir seluruh perjalanan kereta api dari Jakarta menuju wilayah Daop VI/Jogja penuh mulai Jumat mendatang. "Masih ada sisa 10% tapi hanya untuk perjalanan kereta api tertentu pada tanggal-tanggal yang bukan tanggal favorit. Secara umum, tiket arus mudik Lebaran menggunakan kereta api baik kelas bisnis maupun eksekutif sudah habis dipesan," kata Eko kepada Solopos.com, Senin (4/6/2018).

Seperti diketahui, PT KAI mengoperasikan 40 perjalanan KA tambahan selama musim angkutan Lebaran secara nasional. KA tambahan akan beroperasi pada 8 Juni atau H-7 Lebaran hingga 25 Juni atau H+9 Lebaran. Namun, ada beberapa KA yang akan dioperasikan lebih awal yakni 5 Juni atau H-9 Lebaran, seperti Kertajaya Lebaran, Brantas Lebaran, dan Mataram Premium.

Total kursi yang disediakan dari 40 perjalanan KA tambahan itu mencapai 23.752 kursi. Sedangkan di Daop VI/Yogyakarta, ada enam perjalanan KA tambahan dengan total 9.440 kursi.

Sementara itu, sebagai apresiasi kepada pengguna jasa kereta api, PT KAI mengadakan program pembagian takjil, buka puasa, dan sahur gratis ini dilaksanakan mulai Selasa hingga H-1 Lebaran Kamis (14/6/2018). Sebanyak 60.700 paket takjil gratis akan diberikan PT KAI kepada penumpang KA di stasiun keberangkatan yang telah melakukan boarding dan memasuki area zona 1 di stasiun keberangkatan.

Takjil gratis ini akan dibagikan pada saat menjelang berbuka puasa pukul 17.00 WIB-18.30 WIB. Untuk pembagian buka puasa dan sahur gratis, PT KAI menyiapkan kurang lebih 85.206 boks makanan per hari yang akan dibagikan ke penumpang (kecuali penumpang batita dan bayi) yang pada saat berbuka/sahur masih berada di dalam salah satu dari 142 perjalanan KA.

Perinciannya penumpang di 65 perjalanan KA diberi makanan berbuka puasa, penumpang di 50 perjalanan KA diberikan makanan untuk sahur dan penumpang di 27 perjalanan KA akan diberikan makanan untuk berbuka dan sahur karena memang waktu perjalanan di 27 KA tersebut masuk waktu berbuka puasa dan sahur.

Beberapa perjalanan KA menuju Solo yang menyediakan takjil dan sahur gratis bagi penumpangnya antara lain Argolawu, Argo Dwipangga, Lodaya, Senja Utama Solo, Jaka Tingkir tujuan Stasiun Purwosari, Lodaya Lebaran, serta Argolawu dan Argo Dwipangga Fakultatif.

Terpisah, PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Solo juga siap membuka posko terpadu mulai Kamis hingga Minggu, 24 Juni. Posko terpadu Bandara Adi Soemarmo melibatkan berbagai pihak baik dari pihak internal PT Angkasa Pura I maupun eksternal seperti otoritas TNI AU, Puskesmas, layanan ground handling PT Gapura Angkasa, serta maskapai penerbangan.

Persiapan posko terpadu  dilakukan dimulai dengan memasang jaringan koneksi CCTV dengan kantor pusat, memastikan lampu penerangan yang cukup, memastikan tingkat keselamatan, keamanan, serta pelayanan bandar udara terkait operasional pesawat udara, penumpang, serta barang.

“Kami mempersiapkan seluruh fasilitas operasional bandara serta melakukan koordinasi dengan stakeholders terkait bandar udara sebagai langkah antisipasi jika ada masalah yang terjadi selama penyelenggaraan angkutan lebaran ini," kata Airport Operation and Services Departement Head Bandara Adi Soemarmo Solo, Purwanto.

Saat ini manajemen bandara juga masih mengatur slot time untuk extra flight mengingat ada empat maskapai yang mengajukan delapan penerbangan ekstra selama periode mudik dan balik Lebaran. PT AP I Bandara Adi Soemarmo optimistis penyelenggaraan angkutan Lebaran 2018 ini akan berjalan lebih baik dibandingkan sebelumnya.