Kekinian, Solo Segera Punya Skate Park di Lahan Eks SPBU Ledoksari

Desain ruang terbuka lengkap dengan wahana skate park di lahan eks SPBU Jebres, Solo. (Istimewa)
06 Juni 2018 10:35 WIB Indah Septiyaning Wardhani Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Solo menyulap lahan bekas Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Ledoksari, Jebres, menjadi ruang terbuka dengan dilengkapi skate park atau area papan luncur segera terealisasi.

Pemkot menerima kucuran dana corporate social responsibility (CSR) dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk membangun ruang publik tersebut. Bank pelat merah itu menyumbangkan dana sosial kepada Pemkot senilai Rp669.892.000.

Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo mengatakan skate park dibangun untuk masyarakat, khususnya anak-anak muda sebagai wahana ekspresi anak zaman now. “Lahan SPBU itu kan sudah lama mangkrak. Kalau tidak segera dimanfaatkan nanti tambah kumuh,” kata Rudy sapaan akrabnya ketika berbincang dengan Solopos.com, Minggu (3/6/2018).

Lahan eks SPBU Ledoksari tercatat sebagai aset PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan merupakan bagian dari kawasan Stasiun Jebres. Pemkot Solo telah mengajukan izin pemanfaatan lahan seluas 1.600 meter persegi itu untuk membangun taman kota ke Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

“Izin mengelola lahan sudah kami kantongi. Sekarang dana CSR dari BRI juga sudah kami terima, jadi tinggal dikerjakan,” kata Rudy.

Rudy menilai penataan lahan bekas SPBU Ledoksari Jebres mendesak dikerjakan lantaran kondisinya kini mangkrak. Hal ini dinilai mengganggu keindahan Kota Solo.

Sesuai perencanaan, Pemkot Solo  akan menjadikan lahan bekas SPBU itu sebagai wahana permainan skate board. Pembangunan ruang terbuka ini sekaligus sejalan dengan grand desain penataan kawasan Stasiun Jebres yang sudah disusun PT KAI bersama Pemkot Solo pada 2009 lalu.

“Desain ruang terbuka di lahan eks-SPBU Ledoksari sudah selesai disusun DLH [Dinas Lingkungan Hidup],” katanya.

Merujuk gambar desain yang diperoleh Solopos.com, ruang terbuka itu akan dibangun dalam dua segmen, yaitu taman bermain dan skate park. Separuh lahan digunakan untuk skate park yang memiliki beragam fitur seperti bowl, rail, dan lainnya.

Selain papan luncur, permainan lain seperti sepatu roda dan sepeda BMX juga disiapkan. Segmen lain digunakan sebagai wahana permainan anak.