Cuti Lebaran, Layanan Adminduk Dispendukcapil Solo Tetap Buka

Ilustrasi perekaman iris mata KTP elektronik atau e-KTP. - Antara/R. Rekotomo
06 Juni 2018 12:15 WIB Indah Septiyaning Wardhani Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Pemerintah Kota (Pemkot) Solo tetap membuka layanan administrasi kependudukan (adminduk) selama libur Lebaran. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) memaksimalkan layanan adminduk dengan menerapkan sistem piket.

Kepala Dispendukcapil Solo Suwarta mengatakan sistem piket layanan adminduk diberlakukan selama lima hari, yakni 11-13 Juni dan 19-20 Juni. “Di luar tanggal itu layanan libur, karena memberikan kesempatan bagi ASN kami untuk berlebaran,” katanya ketika dijumpai wartawan di ruang kerjanya, Senin (4/6/2018).

Pengurusan adminduk yang bisa dilayani meliputi perekaman hingga cetak kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP), akta kematian, akta kelahiran, dan lainnya. Kecuali layanan pindah penduduk tidak bisa dilayani karena memerlukan koordinasi lintas daerah.

Jam layanan adminduk dibuka pukul 08.00 WIB sampai pukul 13.00 WIB. Pelayanan adminduk tersebut dibuka di Kantor Dispendukcapil maupun kecamatan. Sedangkan layanan adminduk mobil keliling diliburkan menyesuaikan jadwal car free day (CFD) dari Dinas Perhubungan (Dishub).

“Ada 10 petugas piket setiap harinya. Tidak hanya ASN [aparatur sipil negara], tapi juga melibatkan TKPK [tenaga kerja dengan perjanjian kerja],” katanya.

Suwarta berharap masyarakat memanfaatkan pelayanan adminduk saat libur Lebaran, terutama bagi pemudik yang ingin mengurus layanan kependudukan. Dia mengakui berdasar pengalaman libur Lebaran tahun-tahun sebelumnya, tidak banyak masyarakat yang mengurus layanan administrasi kependudukan. “Karena sebagian besar tidak tahu kalau layanan adminduk tetap buka,” katanya.

Biasanya, lanjut Suwarta, masyarakat baru berbondong-bondong mengurus layanan adminduk setelah cuti bersama Lebaran sehingga terjadi lonjakan jumlah permohonan layanan adminduk.

Sekretaris Daerah (Sekda) Solo, Budi Yulistianto, mengatakan seluruh pelayanan publik di kecamatan dan kelurahan di wilayah Kota Bengawan tetap buka selama cuti bersama Lebaran. Pelayanan publik di antaranya seperti Puskesmas, pembuatan KTP dan kartu keluarga (KK), dan lainnya.

“Pelayanan publik ya harus buka. Tidak boleh ada yang libur. Termasuk kecamatan dan kelurahan tetap buka dengan sistem piket,” terangnya.

Sekda tidak ingin ada temuan maupun laporan yang masuk adanya pelayanan publik yang tutup mengikuti cuti bersama. Termasuk temuan Puskesmas tutup atau pelayanan publik lain yang libur. Pemkot Solo akan menerjunkan tim terdiri atas Inspektorat, Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD), serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait lain untuk melakukan pengecekan ke masing-masing instansi.

“Mengenai cuti bersama nanti kami terbitkan surat edaran [SE],” katanya.