THR Lebaran Plus Tamsil ASN Solo Cair Besok

Ilustrasi menghitung uang rupiah (Bisnis/Rachman)
06 Juni 2018 18:15 WIB Indah Septiyaning Wardhani Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Pemerintah Kota (Pemkot) Solo memastikan tunjangan hari raya  (THR) Lebaran plus tambahan penghasilan (tamsil) bagi seluruh aparatur sipil negara (ASN) akan cair pada Kamis (7/6/2018).

Pencairan tersebut molor dari rencana awal 1 Juni lalu. “Kami barengkan pencairan THR dan tamsilnya 7 Juni besok atau paling lambat pekan ini,” kata Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo ketika berbincang dengan Solopos.com, Selasa (5/6/2018).

Semula Pemkot berencana mencairkan THR lebih awal pada 1 Juni. Sedangkan tamsil direncanakan cair menyusul pada pekan ini. Namun, Pemkot Solo  memiliki pertimbangan lain dan mencairkan THR dan tamsil sekaligus. “Daripada bolak-balik THR dan tamsil dibarengkan saja,” katanya.

Pencairan tamsil ini menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 903/3387/SJ tentang pemberian THR dan Gaji ke-13 bersumber dari APBD. Dalam SE tersebut disebutkan komponen THR ASN diberikan berupa gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan atau tunjangan umum, serta tambahan penghasilan.

Tamsil ini menjadi komponen tambahan THR. Padahal pengalokasian anggaran untuk pembayaran THR yang disiapkan dalam APBD 2018 belum termasuk itu. “Jadi anggaran tamsil disiapkan dengan mendahului APBD Perubahan (APBD-P) 2018. Itu sudah kami ajukan ke DPRD, sekarang tinggal tunggu pencairan,” katanya.

THR dan tamsil akan dibagikan kepada 6.468 ASN Pemkot Solo. Tamsil yang diterima ASN merujuk indeks Wali Kota dengan besaran berbeda satu sama lain, tergantung jabatan eselon dan kepangkatan, yakni Rp 1 juta sampai Rp 8 juta per orang.