Pemudik Gratis Tiba di Solo dalam 5 Rombongan, Ini Jadwalnya

Ilustrasi mudik (Solopos/Whisnupaksa Kridangkara)
08 Juni 2018 17:15 WIB Irawan Sapto Adhi Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Terminal Tipe A Tirtonadi, Solo, dalam waktu dekat bakal kedatangan  5.000 peserta mudik gratis program dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Mereka bakal tiba di Solo secara bertahap menyesuaikan jadwal keberangkatan dari Jakarta.

Sebanyak 5.000 peserta mudik gratis itu dibagi menjadi lima rombongan. Rombongan pertama dijadwalkan berangkat dari Jakarta pada Sabtu (9/6/2018). Setelah itu disusul rombongan kedua yang diberangkatkan dari Jakarta pada Minggu (10/6/2018), rombongan ketiga pada Senin (11/6/2018), rombongan keempat pada Selasa (12/6/2018), dan rombongan kelima pada Rabu (13/6/2018).

Setiap rombongan diprediksi baru tiba di Terminal sehari setelah diberangkatkan. Koordinator Terminal Tipe A Tirtonadi, Joko Sutriyanto, mengatakan Kemenhub menyediakan 139 bus untuk memfasilitasi perjalanan 5.000 peserta mudik gratis dari Jakarta menuju Solo. Jumlah kendaraan tersebut lebih banyak ketimbang program mudik gratis tahun lalu yang hanya membawa kurang lebih 4.000 penumpang dari Jabodetabek menuju Terminal Tirtonadi.

Dia menganggap peningkatan jumlah bus maupun peserta mudik  gratis tersebut sebuah indikator keberhasilan Kemenhub mencegah masyarakat mudik pakai sepeda motor.

“Peserta mudik gratis dari Jakarta tujuan Solo dijadwalkan diberangkatkan secara bertahap mulai lusa [Sabtu]. Rombongan pertama kemungkinan besar tiba di sini pada Minggu. Para peserta mudik gratis memang harus menerima konsekuensi berada di perjalanan lebih lama mengingat kondisi arus lalu lintas jelang Lebaran dipastikan semakin padat,” jelas Joko saat ditemui Solopos.com di Terminal Tirtonadi, Jumat (8/6/2018).

Joko menuturkan sesampainya di Terminal Tirtonadi, para peserta mudik gratis Kemenhub bakal dilayani dengan spesial, berbeda dengan pemudik umumnya. Dia menyebut para peserta mudik gratis akan diberikan makanan untuk santap berbuka puasa dan sahur saat berada di Terminal Tirtonadi.

Peserta mudik gratis yang menitipkan sepada motor bahkan akan dijatah bahan bakar minyak (BBM) gratis sehingga bisa digunakan untuk menuju rumah masing-masing. Joko menyebut Kemenhub memfasilitasi pengangkutan 765 sepeda motor peserta mudik gratis Lebaran 2018. Ratusan kendaraan roda dua tersebut diangkut menggunakan 17 truk.

“Sepeda motor milik para peseta mudik gratis dijawalkan tiba terlebih dahulu di Terminal. Sebagian sepeda motor sudah diantar menggunakan truk dari Jakarta kemarin [Kamis, 7/6/2018). Sedangkan sebagian lainnya diantar pada hari ini [Jumat]. Mudah-mudahan truk pengantar tidak terkena macet  parah sehingga sepeda motor bisa tiba tepat waktu,” ujar Joko.

Joko menyebut tak hanya Kemenhub yang mengadakan program mudik gratis tujuan Solo. Pemprov Jawa Barat (Jabar) juga menyediakan bus yang bisa dimanfaatkan pemudik dengan tujuan pulang kampung ke Solo.

Pemprov Jabar menyiapkan 100 bus untuk mengangkut penumpang dari Jabar menuju Solo. Berdasarkan infomasi yang dihimpun Solopos.com, beberapa perusahan terkemuka juga menggelar program mudik gratis dengan tujuan Solo, salah satu Rajawali Televisi (RTV). RTV menyedikan tujuh bus tujuan Jakarta-Solo. Tujuh bus tersebut telah diberangkatkan dari Studio RTV Cawang pada Jumat pagi.

“Sementara untuk arus balik, para pemudik atau masyarakat mesti melakukan registrasi lagi. Registrasi sepeda motor bakal dilakukan pada 20 Juni-21 Juni. Sementara registrasi penumpang bakal dibuka pada 22 Juni. Kurang lebih 3.000 penumpang bakal diangkut dengan 70 bus dari Solo menuju Jakarta,” terang Joko.