Pelajar Soloraya Seru-Seruan Bareng di Acara Loop Ngabubuhits

Siswa menyelesaikan kaligrafi pada lomba Melukis Kaligrafi di acara Loop Ngabubuhits di GOR UMS Kartasura, Sukoharjo, Selasa (5/6 - 2018). (Solopos/M. Ferri Setiawan)
08 Juni 2018 11:35 WIB Insetyonoto Sukoharjo Share :

Solopos.com, SUKOHARJO -- "Sebutkan makanan khas Solo yang terdiri atas bermacam sayuran, daging, kemudian disiram dengan kuah manis,” tanya pembawa acara kepada ratusan pelajar SMA, SMK, dan Madrasah Aliah (MA).

Jawaban sebagian besar pelajar salah karena mereka menyebut soto dan gado-gado. Padahal jawaban yang benar adalah selat. Pembawa acara yang terdiri atas pria dan wanita meminta pelajar yang menjawab salah meninggalkan arena.

Namun, karena peserta yang tersisa di arena sedikit, rencana tersebut dibatalkan. “Tadi hanya untuk latihan. Silakan semua pelajar duduk di arena,” kata kedua pembawa acara.

Itulah Lomba Ranking 1 yang digelar dalam acara Loop Ngabubuhits di GOR Universitas Muhammadiyah Solo (UMS) di Pabelan, Kartasura, Sukoharjo, Selasa (5/6/2018). Kegiatan yang digelar Telkomsel tersebut dibuka Wakil Rektor III UMS, Taufik Kasturi, didampingi Branch Manager Telkomsel Solo, Nur Hidayat Dwi Santoso.

Lomba Ranking 1 yang memperebutkan total hadiah Rp2,25 juta berlangsung seru hingga empat babak. Pada babak terakhir yakni ujian semester hanya diikuti dua peserta. Juara I mendapatkan hadiah Rp1 juta, juara II Rp750.000, dan juara III Rp500.000.

Selain Ranking 1, ada pula lomba seperti musik Islami yang diikuti 10 tim dari SMA, SMK, dan MA se-Soloraya; lomba kaligrafi; serta lomba supporter terhits. Menurut salah seorang pelajar, Dony Wahtu, kegiatan Loop Ngabubuhits cukup baik sebagai bentuk apresiasi potensi anak muda Islam zaman sekarang.

“Ada gema selawat kepada Nabi Muhammad di lomba musik Islami. Jadi menunggu buka puasa dengan kegiatan Islami,” kata pelajar SMK Muhammadiyah Kartasura itu di sela-sela acara. Di samping lomba, ada pula tausiah dari ustaz asal Solo, Burhan Sodiq, serta hiburan dari grup band dari ibu kota HIVI. Supervisor6 Youth Community Telkomsel Solo, Andi Listiarso, mengatakan  target acara Loop Ngabubuhits adalah pelajar SMA, SMK, dan MA.

“Kami ingin memberikan kegiatan positif kepada pelajar melalui kegiatan bernuansa Islami sambil mengenalkan keberadaan produk Loop Telkomsel,” kata dia kepada solopos.com di lokasi kegiatan.

Ada 500 peserta yang mengikuti berbagai perlombaan. Mereka berasal dari wilayah Solo, Sukoharjo, dan Boyolali. “Kalau target pengunjung Loop Ngabubuhits sebanyak 1.500 orang dari kalangan pelajar dan mahasiswa,” ungkap dia.

Pengunjung membayar tiket masuk Rp15.000 per orang. Mereka mendapat paket data internet Telkomsel 4 GB. “Kami juga mengadakan kompetisi video Loop dengan kategori nasyid/kasidah, kaligrafi, dan murotal. Hasil karya bisa dikirim ke loop.co.id,” jelas Andi.