Hari Pertama, Gerbang Tol Pungkruk Sragen Dilewati 120 Kendaraan Per Jam

Gerbang masuk tol (GT) Pungkruk, Sragen, Jumat (8/6 - 2018). (Solopos/Tri Rahayu)
08 Juni 2018 20:15 WIB Tri Rahayu Sragen Share :

Solopos.com, SRAGEN -- Jumlah kendaraan roda empat dari berbagai jenis yang masuk Gerbang Tol (GT) Pungkruk, Sragen, pada hari pertama pemanfaatan jalur tol fungsional itu, Jumat (8/6/2018), mencapai 120 unit per jam. Sementara jumlah kendaraan roda empat yang keluar GT Pungkruk, Sragen, lebih sedikit, yakni 95 kendaraan per jam.

Angka tersebut didasarkan pada data jumlah kendaraan yang masuk dan keluar GT Pungkruk dan terekam alat elektronik antara pukul 06.00 WIB hingga pukul 11.35 WIB. Sejak dibuka, data jumlah kendaraan yang masuk tol lewat GT Pungkruk sebanyak 670 unit kendaraan.

Ratusan kendaraan itu masuk lewat dua gerbang. Sementara jumlah kendaraan yang keluar tol di GT Pungkruk sebanyak 531 unit di dua gerbang.

Petugas penjaga GT Pungkruk, Rokhim, 25, warga Jambanan, Sidoharjo, Sragen, saat berbincang dengan Solopos.com, Jumat siang, menyampaikan jumlah kendaraan yang lewat tol tidak dihitung secara manual seperti pada mudik 2017 lalu. Dia menyampaikan perhitungan jumlah kendaraan yang masuk maupun keluar tol di GT Pungkruk sudah terekam secara otomatis lewat alat elektronik.

“Petugas tinggal melihat digit angka yang tertera pada mesin penghitung elektronik yang terpasang di setiap gerbang. Kami bertugas dibagi menjadi tiga sif. Setiap sif ada dua orang penjaga,” ujar Rokhim.

Dia menunjukkan angka jumlah kendaraan yang melintas dengan membuka mesin elektronik di dua jalur masuk. Sementara angka penghitungan kendaraan di dua gerbang keluar tol sudah dapat dilihat tanpa harus membuka mesin elektronik itu.

Rokhim menyampaikan pada pukul 05.30 WIB sempat terjadi penumpukan kendaraan di depan gerbang tol yang hendak masuk ke tol. Dia mengatakan tol fungsional baru bisa dibuka pukul 06.00 WIB, selanjutnya dibuka 24 jam.

“Kendati dibuka fungsional ternyata masih banyak pengguna tol yang berhenti dan mengeluarkan kartu tol elektronik. Terpaksa petugas memberi perintah supaya terus setiap saat,” katanya.

Sementara jalur lalu lintas di jalan arteri masih landai dan belum terlihat adanya penumpukan arus lalu lintas. Kasi Teknologi Sarpras Jalan Dinas Perhubungan (Dishub) Sragen, Pursis Yuliono, saat ditemui Solopos.com di Pungkruk, Sidoharjo, Sragen, Jumat siang, mengatakan peningkatan arus lalu lintas hanya bersifat lokal di wilayah perkotaan, yakni Beloran, Sragen Kulon, hingga Terminal Lama Sragen Wetan.

“Peningkatan memang tidak signifikan tetapi lalu lintas cukup padat karena banyak warga yang mencari kebutuhan untuk Lebaran, seperti di bank, pasar, dan swalayan. Di jalan arteri lain relatif lancar,” tambahnya.

Kapolres Sragen AKBP Arif Budiman melalui Kabag Ops Polres Sragen AKP Y. Trisnanto menjelaskan kendati lalu lintas di jalan arteri masih landai polisi tetap berjaga di pos-pos yang ditentukan. Penumpukan kendaraan, kata dia, sempat terjadi di depan exit tol Pungkruk yang mau masuk tol.

“Saat itu saya perkirakan jumlah kendaraan yang masuk tol 10 unit per menit. Tetapi selepas pukul 08.00 WIB tak padat lagi,” tuturnya.

Dia menyampaikan arus mudik 2018 memang ada kenaikan bila dibandingkan pada 2017 tetapi kenaikan itu masih di bawah persentase kenaikan dari 2016 ke 2017. Dia menyebut naiknya kendaraan pada arus mudik 2016 ke 2017 hanya 13%.

“Jadi pada 2018 ini cenderung naik tetapi naiknya kemungkinan di bawah 13%,” tuturnya.

Dia menyampaikan ada delapan pos pengamanan (pospam) yang dijaga 25 polisi per pos selama arus mudik dan balik Lebaran 2018. Pospam tersebut menyebar mulai dari Masaran, Sambungmacan, hingga Gemolong, dan di rest area jalan tol.

Berikut lokasi jumlah pospam mudik 2018 wilayah Sragen:
Pospam I: Nguwer, Masaran, Sragen
Pospam II: Pilangsari, Ngrampal, Sragen.
Pospam III: Simpang tiga Tunjunga, Sambungmacan, Sragen.
Pospam IV: Gemolong, Sragen.
Pospam V: Perbatasan Ngawi-Sragen
Pospam VI: Rest Area Jalan tol km 519 Masaran Sragen.
Pospam VII: Rest Area Jalan tol km 538 Paldaplang, Ngrampal, Sragen.
Pospam VIII: Exit tol Pungkruk, Sidoharjo, Sragen.
Sumber: Polres Sragen.