Pemudik Berdatangan, Lalu Lintas Solo Ramai Lancar

Lalu lintas di ruas Jl. Slamet Riyadi depan Paspam Faroka Sabtu (9/6 - 2018) malam. (Solopos/Nadia Lutfiana Mawarni)
09 Juni 2018 21:55 WIB Nadia Lutfiana Mawarni Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Kendaraan pemudik dari luar kota ke Solo mulai berdatangan pada H-6 Lebaran, Sabtu (9/6/2018) malam. Kendati demikian, arus lalu lintas di jalan memasuki Kota Bengawan terpantau ramai lancar.

Pantauan Solopos.com di Pospam Faroka Jl. Slamet Riyadi, kendaraan dari arah barat menuju timur bisa melaju lancar tanpa hambatan. Kendaraan ini berasal dari luar kota dan didominasi pelat B (Jakarta), H (Semarang), dan F (Bogor). Meski begitu, arus ini tampak lebih padat dari siang tadi.

Beberapa petugas kepolisian dan tim SAR yang berjaga mengungkapkan arus mudik hingga Sabtu ini masih aman. Belum terjadi kecelakaan maupun kericuhan.

Petugas menutup jalan di depan Hotel Alila untuk sementara. Bus, truk, dan kendaraan roda empat diarahkan ke utara melewati Jl. Prof. Soeharso kemudian Jl. Adisucipto. Hal ini untuk menghindari kepadatan di Jl. Slamet Riyadi tengah kota, terutama di kawasan Gendengan menuju lokasi pembangunan flyover Manahan yang belum rampung.

Wakapolresta Solo, AKBP Andy Rifai, memperkirakan volume kendaraan akan terus meningkat malam ini. Dia memperkirakan kendaraan dari arah barat segera berdatangan dan volumenya akan terus meningkat. Apalagi libur  karyawan dan anak-anak sekolah sudah dimulai sejak Sabtu ini.

"Sampai sekarang masih biasa, namun laporan dari tol Gringsing di pantura mulai dipadati kendaraan berpelat B, jadi sebentar lagi bisa memasuki Solo," katanya saat ditemui Solopos.com di Posko Faroka.

Dia memprediksi arus mudik di dalam Kota Solo tahun ini tidak terlalu padat mengingat beberapa ruas tol mulai beroperasi. "Lumayan landai karena yang menuju Jawa Timur tidak lagi lewat sini," katanya.