Bikin Gagal Paham dan Kesasar, Rambu ke Semarang di GT Colomadu Ditutup

Mobil pengguna jalan tol melintas di Gerbang Tol Colomadu di Ngasem, Colomadu, Karanganyar, Sabtu (9/6 - 2018). (Solopos/Iskandar)
09 Juni 2018 20:35 WIB Iskandar Karanganyar Share :

Solopos.com, KARANGANYAR -- Salah satu rambu petunjuk arah ke Semarang di dekat Gerbang Tol (GT) Colomadu, Karanganyar, terpaksa ditutup petugas. Hal itu karena banyak pengendara yang hendak ke Semarang kesasar masuk tol Solo-Kertosono lewat GT Colomadu.

“Karena banyak pengendara mobil yang akan ke Semarang kesasar di GT Colomadu, rambu petunjuk ke Semarang untuk sementara terpaksa ditutup. Dengan demikian diharapkan setidaknya meminimalkan para pengendara yang kesasar,” ujar Direktur PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN), David Wijayanto, ketika ditemui saat memantau di GT Colomadu, Sabtu (9/6/2018).

Menurut dia, ini juga untuk mengantisipasi antrean panjang di Jembatan Kenteng dekat Salatiga yang sedang dalam perbaikan. Oleh sebab itu arus lalu lintas pada jalur tersebut dilakukan sistem buka tutup.

Ini untuk memberi kesempatan kendaraan yang melintas bisa lebih lancar sehingga antrean panjang bisa dihindari. Kendaraan yang melintas di Jembatan Kenteng bisa diatur lebih tertib.

Sementara itu arus lalu lintas yang melewati tol menuju ke Ngawi hari Sabtu ini lebih banyak dibanding Jumat atau satu hari sebelumnya. Jumlah kendaraan yang melintas dari Salatiga hingga pukul 17.00 WIB sebanyak 4.200 unit.

Pada Sabtu hingga pukul 11.30 WIB kendaraan dari arah Salatiga yang masuk sebanyak 2.900 unit. Jumlah kendaraan yang masuk ke GT Colomadu baik kendaraan para pemudik maupun kendaraan lain meningkat drastis.

”Kalau melihat data tersebut total kenaikan kendaraan  yang masuk ke Colomadu hari ini dua kali lipat lebih banyak dibanding kemarin. Karena Sabtu sudah banyak kantor yang libur sehingga mereka yang ingin mudik bisa memanfaatkannya,” ujar dia.

Secara keseluruhan, papar David yang telah mengontrol tol sejak dari Ngawi sampai Colomadu, relatif lancar. Namun dia mengakui tingkat keramaian kendaraan yang melalui jalan tol cukup ramai. Dia memperkirakan hari Minggu (10/6/2018) ini arus kendaraan yang melintas di GT Colomadu akan meningkat lebih banyak lagi.