768 Peserta Mudik Gratis Tiba Karanganyar

Rombongan warga Karanganyar yang merantau di Jakarta mengikuti mudik gratis yang diselenggarakan Pemkab Karanganyar pada Minggu (10/6 - 2018). (Istimewa/Dinas Kominfo Karanganyar)
11 Juni 2018 12:15 WIB Sri Sumi Handayani Karanganyar Share :

Solopos.com, KARANGANYAR -- Sebanyak 768 peserta mudik gratis tiba di Karanganyar, Senin (11/6/2018) dini hari. Mereka adalah warga Karanganyar yang merantau di Jakarta dan pulang ke Karanganyar untuk berlebaran.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, rombongan warga Karanganyar yang tergabung dalam Paguyuban Warga Karanganyar (Pagaranyar) itu berangkat dari kompleks Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta pada Minggu (10/6/2018) pukul 13.15 WIB. Mereka mengikuti mudik gratis yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar.

Sekretaris Daerah (Sekda) Karanganyar, Samsi, bersama Ketua DPRD Karanganyar, Sumanto, dan Kepala Dinas Perhubungan Perumahan dan Kawasan Permukiman (Dishub PKP) Karanganyar, Sundoro, memberangkatkan rombongan dari kompleks TMII. Pemkab menyiapkan program mudik gratis rutin setiap tahun menjelang Lebaran.

Lokasi pemberangkatan dan penyambutan pemudik pun sama setiap tahun. Tahun ini, Pemkab menyiapkan 18 unit bus. Sebanyak 16 bus dari Pemkab dan dua bus dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Jateng).

Kepala Dishub PKP Karanganyar, Sundoro, menyampaikan program mudik gratis dilaksanakan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). “Sesuai dengan APBD Kabupaten Karanganyar, pemulangan warga Karanganyar dari Jakarta kami sediakan 18 bus. Dua bus disediakan Provinsi Jateng dan 16 bus disediakan Dishub PKP Karanganyar. Peserta 768 orang,” kata Sundoro saat memberikan sambutan di Alun-Alun Kabupaten Karanganyar, Senin.

Menurut Sundoro, rombongan pemudik tidak bisa datang bersamaan. Tetapi saat proses penyambutan pejabat, sudah ada 16 bus yang datang nyaris bersamaan. Sisanya menyusul. Rombongan bus sempat dikumpulkan di Terminal Palur sebelum bersama-sama menuju Alun-Alun Kabupaten Karanganyar.

Warga Karanganyar yang merantau di Jakarta dan ingin ikut mudik gratis Pemkab Karanganyar dikoordinasi Pagaranyar. Pemkab hanya memfasilitasi bus dari Jakarta hingga Alun-Alun Kabupaten Karanganyar. Selanjutnya dari Alun-Alun Kabupaten Karanganyar ke rumah masing-masing diserahkan kepada pemudik.

Rata-rata keluarga pemudik sudah menunggu di sekitar Alun-Alun Kabupaten Karanganyar  untuk menjemput mereka. Mereka mengendarai mobil pribadi atau menyewa mobil.

Sekda Karanganyar, Samsi, menyambut pemudik di Alun-Alun Kabupaten Karanganyar. Dia menyampaikan ucapan selamat datang kepada rombongan pemudik dan menyampaikan permintaan maaf terkait penyelenggaraan mudik gratis.

Kepada para pemudik, Samsi memberikan penjelasan mengenai berbagai perubahan dan pembangunan di kabupaten tersebut. “Mohon maaf atas kekurangan dalam pelayanan kami. Selamat datang di Bumi Intanpari. Ini Alun-Alun, setiap tahun ke sini pasti warna Karanganyar berbeda. Pembangunan jalan terus. Mudah-mudahan Pemkab Karanganyar masih bisa menganggarkan lagi setiap tahun,” ujar dia saat memberikan sambutan.