2 Destinasi Wisata Ngehits di Sukoharjo Ini Banjir Pengunjung

Sejumlah mobil dipajang di pelaratan The Heritage Palace di eks Pabrik Gula (PG) Gembongan, Kartasura, Sukoharjo, Sabtu (9/6 - 2018). (Solopos/Iskandar)
19 Juni 2018 17:45 WIB R Bony Eko Wicaksono Sukoharjo Share :

Solopos.com, SUKOHARJO -- Objek wisata baru di Sukoharjo yakni The Heritage Place di Desa Pabelan, Kecamatan Kartasura, diserbu pengunjung saat libur perayaan Lebaran 2018. Mereka penasaran dengan destinasi wisata baru yang menawarkan spot swafoto yang kekinian dan berbeda.

Bangunan bekas bekas Pabrik Gula (PG) Gembongan atau lebih dikenal sebagai PG Kartasura direvitalisasi menjadi destinasi wisata baru yang menawarkan wahana wisata keluarga. Wahana wisata itu berupa museum angkot yang dipadukan dengan museum tiga dimensi (3D) di area bangunan bersejarah itu. Pesona heritage terpancar di bangunan dengan garis vertikal tegak lurus itu.

“Para pengunjung sering berswafoto dengan background bangunan bekas PG Gembongan. Ini menjadi spot swafoto paling diburu pengunjung,” kata seorang pengelola The Heritage Palace, Vero, kepada Solopos.com, Selasa (19/6/2018).

Pengunjung lainnya menyerbu museum 3D yang terletak di dalam bangunan paling depan. Seluruh sudut ruang dihiasi dengan 50 foto atau gambar tiga dimensi yang disajikan dengan sentuhan seni modern yang seperti gambar nyata.

Objek wisata yang dibuka pada 9 Juni 2018 itu menyedot perhatian masyarakat maupun kaum boro yang mudik ke kampung halaman di Soloraya. Mereka memilih menghabiskan waktu bersama keluarga dengan berwisata heritage.

“Lonjakan jumlah pengunjung terjadi saat Lebaran selama tiga hari mulai Jumat-Minggu (15-17/6/2018). Jumlah pengunjung saat libur Lebaran hampir 2.000 per hari,” ujar dia.

Vero membeberkan tak ada program atau event khusus selama libur Lebaran lantaran pihak pengelola masih menggenjot pengerjaan wahana wisata lainnya agar segera rampung. Wahana lainnya di The Heritage Place seperti Kids Town, Omah Kwalik, Garden Retro Paradise bakal direalisasikan pada 2019.

Saat ini, pengelola tengah membersihkan bangunan di sisi barat pabrik yang dahulu digunakan sebagai mess karyawan. “Para pengunjung tak hanya berasal dari wilayah Soloraya melainkan beberapa kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta dan Bandung. Mungkin mereka perantau yang mudik ke kampung halaman,” papar dia.

Destinasi wisata nge-hits lainnya di Kabupaten Jamu yakni Gunung Sepikul di Desa Gentan, Kecamatan Bulu. Para pengunjung harus mendaki bukit untuk menikmati keindahan panorama alam. Eksotisme Gunung Sepikul saat menjadi daya tarik para pengunjung. Mereka berburu spot sunset di puncak bukit.

Tak sedikit para pengunjung yang menghabiskan waktu selama berjam-jam di sekitar Gunung Sepikul. “Gunung Sepikul mulai ramai didatangi pengunjung sejak dua tahun lalu. Jadi belum lama menjadi destinasi wisata baru. Saat libur Lebaran, jumlah pengunjung lebih dari 500 orang per hari,” kata seorang warga Desa Gentan, Kecamatan Bulu, Sutikno.