Puncak Dumiling di Gunung Lawu Terbakar, 200 Pendaki Terjebak

Gunung Lawu (Solopos/Mariyana Ricky P.D.)
19 Juni 2018 21:50 WIB Mariyana Ricky P.D./Sri Sumi Handayani Karanganyar Share :

Solopos.com, KARANGANYAR -- Puncak Dumiling atau yang dikenal dengan Hargo Tiling di kawasan Gunung Lawu wilayah Karanganyar Jawa Tengah diketahui mengalami kebakaran pada Selasa (19/6/2018) petang.

Menurut informasi dari salah seorang relawan jalur pendakian Candi Cetho, Ngadimin, seluruh jalur pendakian sementara ditutup sampai ada informasi lebih lanjut.

Puncak Dumiling adalah puncak Gunung Lawu yang berada di wilayah Provinsi Jawa Tengah. Ciri khas Hargo Tiling adalah memiliki menara.

“Saya dan teman-teman sekarang posisi berangkat untuk menyisir pendaki yang masih di atas. Kemungkinan mereka yang masih di puncak akan diminta turun ke Pos IV,” kata dia via Whatsapp kepada solopos.com, Selasa malam.

Sementara itu berdasarkan infomasi dari sukarelawan Cetho, Anggoro, ada sekitar 200 orang mendaki Gunung Lawu lewat jalur pendakian Candi Cetho.

"Sukarelawan belum bisa menjangkau lokasi kebakaran karena terhambat medan dan kabut. Jadi fokus sekarang mengevakuasi pendaki yang naik kemarin dan hari ini," ungkap dia.

Staf Humas Perhutani Surakarta, Suko Haryono, membenarkan perihal kebakaran tersebut. Dia mendapat laporan melalui pesan Whatsapp perihal kejadian tersebut.

Tetapi pihaknya belum dapat memastikan lokasi tepatnya kebakaran. Suko menyampaikan petugas di lapangan sedang berupaya mendeteksi api dan kondisi lain.