Libur Lebaran, WGM Wonogiri Raup Rp1,8 Miliar

Waduk Gajah Mungkur Wonogiri (Solopos/Danur Lambang Pristiandaru)
26 Juni 2018 10:00 WIB Mariyana Ricky Prihatina Dewi Wonogiri Share :

Solopos.com, WONOGIRI — Momen libur dan mudik Lebaran 2018 mendorong geliat ekonomi di daerah. Hampir seluruh objek wisata di Wonogiri menyedot ribuan pengunjung. Sekretaris Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Dispora) Kabupaten Wonogiri, Fredy Sasono, mengatakan dari lima objek wisata (OW) yang dikelola pemerintah dan 18 OW yang dikelola masyarakat, seluruhnya mengesankan kenaikan jumlah pengunjung.

Fredy mengatakan momen Lebaran yang dihitung per Jumat (15/6/2018) hingga Minggu (25/6/2018), jumlah pengunjung di OW Waduk Gajah Mungkur saja mencapai 95.914 pengunjung dengan pendapatan Rp1,877 miliar.

“Target untuk lima OW di momen Lebaran tahun ini senilai Rp2 miliar. Jika pendapatan OW WGM ditambah empat OW lain, sepertinya target tersebut tercapai,” ucap Fredy kepada Solopos.com, Senin (25/6).

Dari lima OW, Fredy menyebut pendapatan tak terduga datang dari Kompleks Air Terjun Girimanik. Berkat perbaikan jalan menuju destinasi tersebut, jumlah pengunjung mengalami peningkatan sampai tujuh kali lipat. Pendapatan di momen Lebaran tahun lalu yang semula hanya Rp6-7 juta, tahun ini menyentuh Rp44 juta.

Lonjakan jumlah pengunjung juga terjadi di Museum Kars, Pracimantoro, Wonogiri. Museum yang tutup pada hari H Lebaran hingga hari ketiga Lebaran itu meraup Rp48 juta. “Tren pengunjung bukan dari lokal Wonogiri, tapi luar kota. Ini berarti target dayuh kami juga tercapai. Pengunjung lokal mayoritas menyemut di OW yang dikelola warga seperti Watu Cenik, Bukit Ganthole, Padepokan Soko Langit, dan sebagainya,” tukasnya.