Soloraya
Kamis, 28 Maret 2024 - 17:15 WIB

Jelang Ibadah Paskah, Polisi Sragen Sterilisasi 4 Gereja

Redaksi Solopos.com  /  Kaled Hasby Ashshidiqy  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Aparat Satuan Samapta Polres Sragen melakukan sterilisasi di lingkungan Gereja Paroki Santa Perawan Maria Di Fatima Sragen, Kamis (28/3/2024). (Solopos.com/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN — Sebanyak 20 personel Satuan Samapta Polres Sragen melakukan sterilisasi empat gereja menjelang pelaksanaan ibadah Paskah, Kamis (28/3/2024). Sterilisasi dilakukan menggunakan metal detector dan anjing pelacak K9.

Sterilisasi dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi umat Nasrani dalam menjalankan ibadah. Polisi tidak menemukan barang-barang membahayakan saat sterilisasi.

Advertisement

KBO Satuan Samapta Polres Sragen, Iptu Ilham Nur Samsu, memimpin kegiatan tersebut dengan mengecek setiap kursi, lokasi peribadatan, dan lingkungan gereja. Sementara empat gereja yang disterilisasi itu yakni gereja di Garuda, Sragen Tengah; gereja samping Masjid Al Falah;  GKJ Tamansari Karangmalang; dan Gereja Paroki Santa Perawan Maria Di Fatima Sragen.

Mewakili Kapolres Sragen, AKBP Jamal Alam, Ilham menerangkan sterilisasi ini dilakukan menjelang pelaksanaan ibadah Paskah Kamis Putih. “Dalam sterilisasi kami menggunakan peralatan lengkap, seperti metal detector, mirror, dan anjing pelacak. Dalam pengamanan ibadah Paskah, kami bekerja sama dengan pengamanan internal gereja. Kami merangkul pemuda gereja karena mereka yang mengetahui anggota jemaat gereja. Kami mem-back up di belakang,” jelas Samsu, sapaannya.

Ketua Bidang Liturgi dan Peribadatan Gereja Paroki Santa Perawan Maria Di Fatima Sragen, Supri Widodo, menyampaikan anggota jemaatnya ada sekitar 4.600 orang. Untuk ibadah Kamis Putih akan dilakukan nanti malam.

Advertisement

“Besok pagi, mulai pukul 15.00 WIB ada Jumat Agung. Kemudian pada pagi harinya, Sabtu, ada ibadah Jalan Salib. Sabtu malamnya ada Vigili Paskah tentang kebangkitan Yesus dan terakhir Minggu besok memeriahkan pesta anak,” jelasnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif