Rumah Warga Mondokan Sragen Terbakar Gara-Gara Semak Belukar

Warga dan aparat Polsek Mondokan, Sragen, memadamkan api yang membakar rumah milik Suwardi di Kedawung, Mondokan, Sragen, Rabu (26/9 - 2018) sore. (Istimewa/Kabar Bandiyanto)
26 September 2018 18:15 WIB Tri Rahayu Sragen Share :

Solopos.com, SRAGEN -- Rumah kosong milik Suwardi di Dukuh Sukoharso RT 014, Desa Kedawung, Mondokan, Sragen, terbakar pada Rabu (26/9/2018) siang. Rumah tak berpenghuni itu terbakar lantaran terkena rembetan api dari semak belukar yang terbakar.

Kapolsek Mondokan AKP Kabar Bandiyanto mewakili Kapolres Sragen AKBP Arif Budiman saat dihubungi Solopos.com, Rabu, menyampaikan kebakaran berawal saat Darmo, 62, warga setempat, membakar semak belukar kering di kebun pada pukul 11.00 WIB.

Sekitar 30 menit kemudian, Darmo meninggalkan lokasi untuk pulang ke rumah. “Sekitar pukul 15.00 WIB, Darmo kaget melihat kobaran api sudah melalap rumah milik Suwardi yang kosong itu. Kondisi tersebut juga diketahui Sutrisno, 33, yang juga tetangga Darmo. Mereka kemudian meminta bantuan warga lainnya untuk memadamkan api dan melapor ke Mapolsek Mondokan serta pemadam kebakaran,” ujarnya.

Tim pemadam datang bersama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Palang Merah Indonesia (PMI). Dalam 15 menit, api bisa dipadamkan.

“Tidak ada korban jiwa dalam musibah itu. Api diduga berasal dari bakaran semak-semak yang menjalar kemudian membakar rumah. Kerugian material diperkirakan mencapai Rp1 juta,” ujarnya.