3 Nama Calon Sekda Solo Sudah di Meja Wali Kota, Siapa Saja?

ilustrasi mutasi pejabat. (Solopos/Dok)
14 Oktober 2018 17:40 WIB Indah Septiyaning Wardhani Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Proses seleksi calon Sekretaris Daerah (Sekda) Solo akhirnya mengerucut jadi tiga nama. Kandidat tersebut meraih peringkat tertinggi sesuai hasil penilaian Panitia Seleksi (Pansel), menyisihkan empat calon lain.

Ketiga kandidat tersebut adalah Kepala Badan Kepegawaian Pelatihan dan Pendidikan Daerah (BKPPD) Rachmat Sutomo, Kepala Dinas Pendidikan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Suwarta, dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Ahyani.

Ketiga nama kini sudah ada di meja Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo untuk dipilih satu nama menjadi sekda definitif.

“Tiga nama sudah diserahkan kepada Wali Kota pada Jumat [12/10/2018] malam di rumah dinas Wali Kota di Loji Gandrung,” kata Ketua Pansel Promosi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPT) Sekretaris daerah (sekda) Solo, Anwar Hamdani, kepada Solopos.com, Minggu (14/10/2018).

Anwar mengatakan ketiga nama calon sekda yang diserahkan ke Wali Kota memiliki kualitas, kapabilitas, dan integritas sebagai sekda. Para kandidat tersebut telah menjalani rangkaian panjang seleksi sekda.

Selain rangkaian seleksi, Pansel juga mempertimbangkan aspirasi dari masyarakat maupun para pegawai di lingkungan Pemkot Solo.

"Tiga nama tersebut kalau dilihat dari segi usia dan masa kerja terdiri pejabat senior dan pejabat generasi muda,” katanya.

Anwar mengatakan Wali Kota memiliki hak prerogatif dalam memilih sekda. Pansel pun telah menyediakan dua generasi, yaitu generasi senior dan generasi muda.

Dengan diserahkannya tiga nama calon sekda itu, tugas pansel saat ini telah selesai. Selanjutnya pemilihan satu nama sekda menjadi wewenang wali kota.

Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo segera memilih satu nama untuk menjadi sekda definitif. Menurut Rudy, ketiga nama calon sekda yang disodorkan kepadanya merupakan aparatur sipil negara (ASN) terbaik yang dimiliki Pemkot, termasuk kandidat yang tidak masuk tiga besar tersebut.

Rudy akan memilih satu nama untuk diajukan ke Gubernur Jateng dan Komite Aparatur Sipil Negara (KASN) serta Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk mendapatkan persetujuan sebagai Sekda definitif. Rudy menargetkan nama calon sekda definitif akan diserahkan dalam sepekan ini.

“Saya mencari sekda yang memiliki jiwa melayani masyarakat,” kata Rudy.

Sebagaimana diberitakan, ada tujuh pejabat yang mengikuti seleksi calon sekda Solo. Enam orang merupakan pejabat di lingkungan Pemkot Solo dan satu calon merupakan pejabat di lingkungan Pemkab Sragen.

Mereka telah mengikuti proses seleksi mulai dari uji gagasan, wawancara, hingga kunjungan rumah untuk mengetahui keseharian mereka.