Kebakaran Lereng Merbabu Meluas ke Petak Gunung Kethu

Kebakaran di Lereng Merbabu, Desa Thekelan, Kabupaten Semarang, Minggu (14/10 - 2018) sore. (Istimewa/Dok. Rempala)
16 Oktober 2018 19:15 WIB Nadia Lutfiana Mawarni Boyolali Share :

Solopos.com, BOYOLALI -- Kebakaran hutan kembali terjadi di lereng Gunung Merbabu. Kini kebakaran memasuki petak Gunung Kethu di dekat Dusun Mongkrong, Desa Jlarem, Ampel, Boyolali.

Koordinator Sukarelawan Merbabu dan Pecinta Alam (Rempala) Ampel, Joko Yuwono, membenarkan ketika dimintai konfirmasi Solopos.com mengenai kebakaran tersebut, Selasa (16/10/2018) siang. “Ya benar,” ujarnya melalui aplikasi pesan Whatsapp.

Meski begitu, imbuh Joko, belum ada informasi mengenai luas lahan dan penyebab kebakaran hutan di petak tersebut. Hingga Selasa sore sekitar pukul 16.00 WIB sejumlah sukarelawan bersama tim dari Taman Nasional Gunung (BTNG) Merbabu masih berusaha memadamkan api.

Kebakaran ini merupakan kebakaran kali ketiga yang melanda hutan di lereng Merbabu. Pada Jumat (12/10/2018) lalu kebakaran juga terjadi di lereng Merbabu kawasan Ampel.

Kebakaran kembali terjadi pada Senin (15/10/2018) pagi di lereng Merbabu bagian barat laut, tepatnya di Desa Thekalan dan Desa Wates, Kabupaten Semarang.

Api di dua lokasi kebakaran sebelumnya telah berhasil dipadamkan, meski demikian Joko mengatakan belum ada keterangan lebih lanjut soal penyebab kebakaran itu.

Dengan adanya kebakaran itu, tim Rempala mengimbau seluruh masyarakat tetap waspada. Dua kali kebakaran hutan telah terjadi di wilayah Ampel dalam kurun waktu lima hari.