Ada Kongres JKPI, Pejabat Pemkot Solo Dilarang Keluar Kota 

Ilustrasi PNS (Istimewa/Setkab.go.id)
19 Oktober 2018 23:10 WIB Indah Septiyaning Wardhani Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Pejabat di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo dilarang berpergian ke luar kota pada 18-26 Oktober mendatang.

Mereka diminta mempersiapkan diri terkait penyelenggaraan Kongres Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) Dasawarsa di Solo pada 24-26 Oktober. 

Kota Solo menjadi tuan rumah penyelenggaraan JKPI Dasawarsa yang rencananya dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo meminta para pejabat fokus menyambut tamu yang datang pada Kongres JKPI nanti.

“Seluruh kegiatan di luar kota wajib ditinggalkan dulu, termasuk undangan dari pemerintah pusat dan kementerian. Kita sebagai tuan rumah harus mempersiapkan JKPI,” katanya, Jumat (19/10/2018).  

Seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Solo dilibatkan dalam penyelenggaraan Kongres JKPI Dasawarsa. Sejak beberapa bulan lalu, para OPD tersebut sudah disibukkan dengan persiapan Kongres JKPI yang bakal diikuti puluhan daerah di Indonesia. 

Persiapan semakin matang menjelang pelaksanaan Kongres JKPI yang dilaksanakan mulai 24-26 Oktober nanti. Ada serangkaian kegiatan selama gelaran Kongres JKPI, di antaranya gelar dan pameran budaya di Benteng Vastenburg.

Sesuai rencana terdapat 60 stand dari peserta kongres yang akan mengikuti pameran budaya. Pameran dibuka mulai pukul 10.00 WIB sampai pukul 22.00 WIB. 

Selain pameran, dalam gelaran itu juga digelar panggung budaya yang akan menampilkan seni dan budaya masing-masing peserta Kongres JKPI. Tak hanya itu masih dalam rangkaian JKPI juga akan dilaksanakan karnaval budaya peserta Kongres JKPI pada Kamis (25/10/2018). 

Start karnaval budaya dari Stadion Sriwedari sampai Balai Kota dimulai pukul 13.00 WIB. “Kepala OPD mohon tidak keluar kota atau perjalanan dinas keluar terlebih dahulu. Karena kita menjadi tuan rumah kongres JKPI.  Yang sudah pesan tiket, batalkan,” kata dia.

Sekretaris Panitia Kongres JKPI Dasawarsa Endah Sitaresmi Suryandari mengatakan rangkaian kegiatan JKPI Dasawarsa akan dilaksanakan dari welcome dinner, gelar dan pameran budaya, simposium, karnaval budaya, city tour, master class, kongres dan ladies program. 

Kongres tersebut akan diikuti kota/kabupaten yang masuk dalam JKPI. Berdasar catatan 66 kabupaten/kota di Indonesia masuk dalam keanggotaan JPKI, namun yang memastikan diri akan hadir dalam gelaran Kongres JKPI Dasawarsa baru 33 daerah.

Selain akan diikuti anggota JKPI, terdapat pula tujuh kabupaten/kota selaku peninjau sebelum ikut dan bergabung dalam keanggotaan JKPI. Tujuh daerah tersebut di antaranya Kabupaten Nias Selatan, Kabupaten Sumba Timur, Kabupaten Lembata, Kota Pematang Siantar, Kabupaten Sumenep, Kabupaten Badung dan Kota Gresik.