Miniatur 7 Keajaiban Dunia di Boyolali Siap Diresmikan, Catat Waktunya

Sejumlah pekerja menyelesaikan pemasangan replika tujuh keajaiban dunia di Simpang Asrikanto. Foto diambil belum lama ini. (Solopos/Nadia Luthfia Wardani)
19 Oktober 2018 05:00 WIB Anik Sulistyawati Boyolali Share :

Solopos.com, BOYOLALI- Replika tujuh keajaiban dunia yang dibangun di dua lokasi berbeda yaitu di Simpang Asrikanto dan Simpang Kragilan di kawasan Alun-alun Lor Boyolali akan diresmikan oleh Bupati Boyolali, Seno Samodro, pada 25 Oktober mendatang. “Tanggal 25 ini [Oktober] sudah peresmian,” ujar Seno ketika ditemui sejumlah wartawan termasuk reporter Solopos.com, Nadia Lutfiana Mawarni di kompleks kabupaten lama, Jl. Merbabu, Rabu (17/10/2018) siang.

Seno menambahkan saat peresmian nanti Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali akan mengundang penyanyi jaz asal Belanda. Seno mengatakan kini pengerjaan sudah mencapai 98% dan menyisakan tahap penyelesaian. Nantinya, Simpang Asrikanto yang berisi replika Menara Eiffel, Menara Pisa, dan Patung Liberty akan diberi nama Bunderan Tiga Menara, sementara simpang Kragilan diberi nama Bunderan Solidaritas yang berisi replika Candi Borobudur, Masjid Taj Mahal, patung Spinx, dan Piramid.

Disinggung soal biaya, Seno mengatakan replika Menara Eiffel menelan biaya paling mahal hampir Rp900 juta. Sementara bangunan lain ada di kisaran lebih dari Rp600-an juta. “Total bisa Rp7 [miliar] lebih,” kata dia. Semua pembiayaan bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Pemkab Boyolali sebenarnya berencana membuat replika tujuh keajaiban dunia di satu lokasi, yaitu Simpang Asrikanto. Namun karena keterbatasan lahan, penempatannya pun dibagi menjadi dua. Meski begitu replika di Simpang Kragilan sengaja dibuat lebih mewah karena posisinya yang berada di pintu masuk Kabupaten Boyolali.

Miniatur 7 keajaiban dunia tersebut akan menjadi ikon baru melengkapi ikon-ikon yang sudah ada seperti Monumen Tumpeng Merapi, Monumen Susu Tumpah, Bundaran Solidaritas, Bunderan Tiga Menara, hingga dan Alun-alun Utara.