Ratusan HP Dijarah Pencuri Singosaren Plaza Solo, Terbanyak Merek Ini

Konter HP di Singosaren Plaza sudah buka seperti biasa sehari setelah pencurian, Selasa (23/10 - 2018). (Solopos/Nicolous Irawan)
23 Oktober 2018 18:15 WIB Ratih Kartika Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Ratusan handphone (HP) baru maupun second (bekas) dijarah pencuri yang membobol 11 kios di Singosaren Plaza, Solo, Senin (22/10/2018) pagi. Dari jumlah itu, paling banyak dicuri adalah merek Samsung.

Pemilik kios penjualan dan servis HP Ares Cell di Singosaren Plaza, Eko Sigit Nugroho, menjelaskan pencuri menjarah 23 unit HP di konternya. Dari jumlah tersebut dua unit HP kondisinya baru dan sisanya ponsel titipan pelanggan yang diservis.

"Total kerugiannya Rp30 juta rupiah. Ponsel yang diambil kebanyakan merek Samsung dan Xiaomi," kata dia saat ditemui Solopos.com, Selasa (23/10/2018).

Front liner toko D Celluler, Lia, menjelaskan total kerugian yang diderita tokonya mencapai Rp200 juta. Total ada 120 unit HP seharga di atas Rp1 juta yang raib digondol pencuri. Selain itu ada sekitar 60 ponsel second yang juga seharga di atas Rp1 juta yang dijarah pencuri.

"HP second harganya juga di atas satu jutaan rupiah," kata dia.

Dia berharap pengamanan Plaza Singosaren bisa diperketat lagi agar kejadian serupa tidak terulang kembali.

Pemilik Arros Cell, Roy Kristanto, mengaku kehilangan tiga unit ponsel yang digondol maling. Ponsel tersebut bermerek Samsung dan Oppo. Kerugian yang dideritanya mencapai Rp5,5 juta.

"Mintanya ditambahin satpam. Kejadian ini sudah dua kali. Dulu Shaffira Cell [di sebelah tokonya] dibobol maling, tapi pas kemarin enggak. Malah giliran toko saya yang dibobol," ungkapnya.

Dari pantauan Solopos.com, toko-toko yang dijarah tidak berada dalam satu area, melainkan tersebar dari belakang ke tengah. Pada Selasa siang, sebagian toko yang dibobol maling tetap buka seperti biasa.

Beberapa lainnya ada yang sedang menghitung kerugian yang ditaksir dan barang-barang yang diambil.

Total ada 11 toko yang dibobol maling dan sembilan di antaranya dijarah. Sementara dua toko lainnya belum sempat diambil barang-barangnya.