YRP Solo Bantu Generasi Muda Kenali Bakat dan Potensi Diri

Inisiator Youth Reinforcement Program (YRP), Astrid Widayani (tengah), English Expertise YRP, Eka Widyaningsih (kanan) dan Motivation Expertise, Rio Juara, memberikan keterangan kepada wartawan di Ikan Goreng Cianjur Resto, Solo, Selasa (13/11 - 2018). (Solopos/Shoqib Angriawan)
13 November 2018 16:39 WIB Shoqib Angriawan Solo Share :

Solopos.com, SOLO--Banyak generasi muda yang masih kesulitan dalam mengenali dan dan menggali potensi diri mereka. Pendidikan formal yang ada saat ini juga belum banyak membantu anak-anak muda untuk memaksimalkan potensi dan kemampuan diri ini.

Berangkat dari problematika ini, sejumlah pemuda praktisi dari berbagai bidang ilmu menginisiasi pembentukan Youth Reinforcement Program (YRP) di Solo. Tujuannya, YRP bisa menjadi pusat penguatan soft skill dan practical skill bagi generasi muda di Soloraya.

Inisiator YRP, Astrid Widayani, mengatakan YRP merupakan bentuk kepeduliannya bersama tim untuk membantu generasi muda mengenali bakat, potensi, dan kemampuan dirinya. Berdirinya YRP diharapkan membantu mereka untuk mengenal jati diri dan memaksimalkan bakat yang mereka miliki.

Menurut Astrid, YRP akan fokus pada pendampingan personal generasi muda dalam rentang waktu tertentu. YRP diharapkan bisa memberi implikasi positif secara nyata untuk diri anak muda yang mengikuti program ini.

Astrid menilai pendidikan formal yang selama ini ada belum membantu anak muda untuk mengenali potensi mereka.

Pendidikan [formal] yang selama ini ada belum semuanya mampu menjawab kebutuhan. Generasi muda masih banyak membutuhkan softskill selain yang mereka dapatkan di sekolah. Contoh yang paling mudah adalah berkomunikasi dalam Bahasa Inggris. Padahal kemampuan komunikasi ini sangat penting untuk berkompetisi hingga dunia internasional,” jelas Astrid saat memberikan keterangan kepada wartawan di Ikan Goreng Cianjur Resto, Solo, Selasa (13/11/2018).

English Expertise YRP, Eka Widyaningsih, mengatakan keberadaan YRP akan membantu anak muda mengenali gift dan talent masing-masing. “Jangan sampai mereka menjadi gamang atau memaksakan menjadi sesuatu yang sebenarnya bukan bakat mereka,” tuturnya.

Motivation Expertise, Rio Juara, mengatakan pendirian YRP menjadi momentum untuk membentuk generasi muda yang berkualitas. Dengan pembekalan yang mereka dapat di YRP, anak muda tak perlu khawatir lagi terhadap potensi yang mereka miliki.

“Diharapkan bisa menjawab tantangan global, karena masa muda jika tidak mendapatkan bekal dikhawatirkan mereka mengambil sisi instan. Selain itu, di YRP mereka juga akan mendapatkan motivasi sebagai jiwa pemimpin,” tuturnya.

Anak muda yang bergabung dengan YRP juga akan mendapatkan materi praktik serta pendampingan secara individu untuk menggali dan mengembangkan bakat serta kemampuan mereka. Selama menempuh pendidikan selama tiga bulan, peserta yang lulus sekaligus mendapatkan sertifikat Bahasa Inggris.

YRP yang berpusat di Jl. MT Haryono No. 34 B, Mangkubumen, Banjarsari, Solo menargetkan usia muda SMA-kuliah sebagai sasaran mereka. Calon peserta bisa langsung mendaftar di YRP yang beralamat satu kantor dengan Direct English Solo.