Pembunuhan Sukoharjo: Penganiaya Retno Ayu Divonis 7,5 Tahun Penjara

IA, warga Gentan, Baki, Sukoharjo, tersangka penganiaya Retno Ayu di Mapolres Sukoharjo, Rabu (24/10 - 2018). (Solopos/Trianto Hery Suryono)
16 November 2018 12:15 WIB Trianto Heri Suryono Sukoharjo Share :

Solopos.com, SUKOHARJO -- Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Sukoharjo memvonis IA, 17, bersalah atas penganiayaan berujung kematian Retno Ayu Wulandari. IA diganjar hukuman 7,5 penjara tahun dan enam bulan pelatihan kerja.

Vonis majelis hakim tidak jauh berbeda dibanding tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang dibacakan dalam persidangan pekan lalu. Hanya, di tuntutan JPU dicantumkan denda Rp300 juta tetapi divonis tidak ada.

Atas vonis tersebut kuasa hukum korban Retno Ayo Wulandari dari Pusat Bantuan Hukum Peradi Solo Achmad Bachrudin Bakri dan JPU menerima sedangkan terdakwa IA pikir-pikir.

Ditemui sesuai persidangan, Jumat (16/11/2018), Achmad bercerita vonis dibacakan ketua majelis hakim Indriani didampingi hakim anggota masing-masing Retno Susetyano dan Sunardi. “Kami dan JPU menerima vonis tersebut.”

Achmad menyatakan persidangan berlangsung maraton. Dia bercerita persidangan sempat diskors 15 menit untuk berembuk majelis hakim.

“Hari ini [Jumat] persidangan maraton. Selesai pembacaan pleidoi langsung tanggapan JPU dan skorsing 15 menit oleh hakim untuk berembuk. Persidangan dilanjutkan lagi dengan pembacaan putusan. Tidak ada hal-hal meringankan dari terdakwa sehingga vonis hakim sesuai tuntutan jaksa yaitu penjara 7,5 tahun dan pelatihan kerja selama enam bulan, denda Rp300 juta dihilangkan.”

Pada bagian lagi, Achmad menyatakan lokasi pelatihan kerja tergantung dari Balai Pemasyarakatan (Bapas). Sebelumnya, penasihat hukum IA, Sutarmin, membenarkan kliennya sudah divonis.

“Hari ini putusan, divonis 7 tahun 6 bulan dan mengikuti pelatihan 6 bulan,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, IA menganiaya Retno Ayu Wulandari, ABG asal Rusunawa Begalon, Solo, di kawasan Gatak, Sukoharjo. IA memukul Retno karena menolak diajak berhubungan intim.

Setelah dipukul dan tak sadarkan diri, IA sempat menyetubuhi IA kemudian meninggalkannya di pinggir sawah. IA menemui temannya dan mengaku mengalami kecelakaan Retno yang tak sadarkan diri kemudian dibawa ke RS dr. Oen Solo Baru dan meninggal di sana.