TMMD di Gemampir Klaten Bangun Jalan Sepanjang 1.100 Meter

TMMD di Gemampir Bangun Jalan Sepanjang 1.100 Meter (Istimewa/Humas Klaten)
16 November 2018 10:00 WIB Septina Arifiani Klaten Share :

Solopos.com, KLATEN – Pelaksanaan program Tentara Nasional Indonesia Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II di Desa Gemampir, Kecamatan Karangnongko, Klaten berhasil membangun sarana fisik berupa betonisasi jalan dan rehab rumah 10 unit, pembangunan jamban keluarga 6 unit dan perbaikan tempat ibadah satu unit. Betonisasi jalan yang dilakukan sepanjang 1.100 meter, lebar 3 meter dan tebal 12 centi meter.

Demikian dikatakan Perwira Pelaksana TMMD Sengkuyung Tahap II di Desa Gemampir, Kecamatan Karangnongko, Kapten Inf Sukatman pada upacara penutupan TMMD Sengkuyung Tahap II di Desa Gemampir, Kecamatan Karangnongko, Klaten, Selasa (13/11/2018). Pelaksanaan TMMD Sengkuyung Tahap II di Desa Gemampir, Kecamatan Karangnongko berlangsung sekitar satu bulan sejak 15 Oktober 2018.

Sebagaimana rilis yang diterima Solopos.com, upacara penutupan TMMD Sengkuyung Tahap II di Desa Gemampir, Kecamatan Karangnongko dihadiri Bupati Klaten Hj Sri Mulyani, Komandan Kodim 0723 Klaten Letkol Inf Eko Setiyawan serta sejumlah pejabat Pemkab Klaten. Rombongan Bupati Klaten Hj Sri Mulyani dan Komandan Kodim 0723 Klaten Letkol Inf Eko Setiyawan pada upacara penutupan TMMD tersebut disambut Camat Karangnongko Drs Jaka Supriyanto serta jajaran Muspika Karangnongko serta jajaran Kepala Desa (Kades) se Kecamatan Karangnongko.

Kapten Inf Sukatman mengungkapkan, biaya yang digunakan untuk pelaksanaan TMMD Sengkuyung Tahap II di Desa Gemampir, Kecamatan Karangnongko antara lain berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Jateng dan APBD Kabupaten Klaten serta swadaya masyarakat. Seluruh rangkaian kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap II di Desa Gemampir berjalan aman, tertib dan lancar.

Selain kegiatan fisik, kata Kapten Inf Sukatman, pada TMMD Sengkuyung Tahap II di Desa Gemampir juga diadakan kegiatan nonfisik berupa penyuluhan dengan materi antara lain penyuluhan membangkitkan semangat patriotisme, penyuluhan membangun generasi tanpa narkoba. Kemudian penyuluhan membangun masyarakat berbasis agama dalam keluarga, penyuluh kebijakan umum perlindungan anak, penyuluhan membangun keunggulan dalam perspektif agama, penyuluhan membangun wirausaha sukses, penyuluhan meningkatkan cakupan akseptor KB MOP dan pelayanan KB dan kesehatan dengan hasil 100%.

Kapten Inf Sukatman menambahkan, kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap II di Desa Gemampir juga diisi acara khusus berupa hiburan orgen tunggal dan tari gambyong. Kemudian pada acara penutupan TMMD Sengkuyung Tahap II di Desa Gemampir juga diisi bazar murah.

Penutupan TMMD Sengkuyung Tahap II di Desa Gemampir ditandai dengan pemukulan kentongan oleh Komandan Kodim 0723 Klaten Letkol Inf Eko Setiyawan dan penandatanganan berita acara penyerahan hasil pembangunan fisik oleh Komandan Kodim 0723 Klaten Letkol Inf Eko Setiyawan dan Bupati Klaten Hj Sri Mulyani. Penutupan TMMD Sengkuyung Tahap II di Desa Gemampir juga ditandai dengan penandatanganan prasasti peresmian jalan yang dibangun dalam kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap II di Desa Gemampir oleh Bupati Klaten Hj Sri Mulyani.