Sendang Plesungan Karanganyar Kian Moncer, Gratis Berenang 14 Desember 2018

Papan nama pilihan objek wisata yang terdapat di Sendang Plesungan, Gondangrejo, Karanganyar. (Solopos/Irawan Sapto Adhi)
12 Desember 2018 17:15 WIB Irawan Sapto Adhi Karanganyar Share :

Solopos.com, KARANGANYAR -- Setahun terakhir nama Plesungan, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, semakin akrab di telinga masyarakat luas. Hal itu terjadi setelah Pemerintah Desa (Pemdes) Plesungan bersama warga membuka objek wisata baru bernama Sendang Plesungan di lahan tidak jauh dari balai desa setempat.

Sendang Plesungan antara lain menawarkan wahana wisata berupa kolam renang dewasa, kolam renang anak-anak, sepeda air, permainan edukatif anak-anak, hinggan paint ball. Keberadaan wahana wisata itu mampu menarik minat masyarakat berkunjung pada Senin-Jumat rata-rata 200-300 orang/hari.

Sedangkan pada Sabtu dan Minggu pengunjung bisa mencapai 700-1.000 orang/hari. Dengan jumlah pengunjung tersebut, Kepala Desa (Kades) Plesungan, Waluyo, menyebut Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desaku Maju Plesungan selaku pengelola objek wisata Sendang Plesungan rata-rata sekarang mampu meraup omzet kotor senilai Rp75 juta/ bulan.

Waluyo menilai jumlah pendapatan BUMDes Desaku Maju Plesungan dari pengunjung Sendang Plesungan kini tergolong cukup besar. Meski demikian, menurut dia, Pemdes Plesungan maupun BUMDes Desaku Maju Plesungan tak mau terlena atau berpuas diri. 

"Keinginan kami bisa terus menambah fasilitas wisata di Sendang Plesungan guna mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan," kata Waluyo saat diwawancarai solopos.com di Plesungan, Selasa (11/12/2018).

Waluyo menilai banyak manfaat yang bisa diperoleh warga ketika Pemdes mampu mengembangkan potensi wisata daerah. Salah satunya, yakni perekonomian warga bisa terdongkrak. Dia mencontohkan, warga bisa membuka toko atau warung makan untuk memfasilitasi wisatawan yang membutuhkan sesuatu.

"Tujuan akhir dari semua ini tentu kembali lagi ke warga. Perekonomian warga diharapkan bisa meningkat ketika Sendang Plesungan maju, ramai dikunjungi oleh wisatawan," tutur Waluyo.

Waluyo menambahkan untuk mendongkrak jumlah wisatawan, BUMDes Plesungan telah menyiapkan sejumlah promo. Promo terbaru yakni pada 14 Desember mendatang, BUMDes bakal menggratiskan tiket masuk renang kepada para pengunjung. Tanggal 14 Desember dipilih sebagai hari lahir Sendang Plesungan.