GM Mall Boyolali Segera Dibangun, Ruko Stadion Sonolayu Mulai Pindah

Pengendara sepeda motor melintas di sekitar Stadion Pandanarang atau Stadion Sonolayu, Boyolali, Selasa (10/4 - 2018). (Solopos/Akhmad Ludiyanto)
16 Desember 2018 10:00 WIB Akhmad Ludiyanto Boyolali Share :

Solopos.com, BOYOLALI — Ruko-ruko di sekeliling Stadion Pandan Arang akan direlokasi menyusul segera dimulainya pembangunan Grand Maharani (GM) Mall yang akan menempati lahan stadion tersebut. Para pedagang akan dipindahkan ke lokasi baru, yaitu eks Pasar Kayu Sidodadi yang berada tepat di sebelah barat stadion tersebut.

Sementara itu, Pasar Kayu Sidodadi beserta pedagangnya kini sudah lebih dulu direlokasi ke kawasan Singkil, Desa Karanggeneng, Kecamatan Boyolali Kota, September lalu.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Boyolali Karsino mengatakan, relokasi ruko stadion merupakan bagian dari rencana pembangunan mal di stadion yang dikenal juga dengan nama Stadion Sonolayu tersebut. “Di stadion kan segera dibangun mal, sehingga kami harus merelokasi pedagang dan ruko yang selama ini menempati sekeliling stadion,” ujarnya, Sabtu (15/12/2018).

Penghuni ruko stadion ini akan menempati ruko baru di eks Pasar Sidodadi bersama penghuni lama ruko pasar tersebut. Sementara itu, pembangunan ruko di eks Pasar Sidodadi ini masih berlangsung.

“Jadi, di Pasar Sidodadi ini kan juga sebelumnya ada ruko. Ketika pasar dipindah, mereka [penghuni ruko] tetap di situ dan nanti akan ketambahan penghuni pindahan penghuni ruko stadion,” ujar Karsino yang tidak merinci jumlah ruko baru.

Namun Karsino mengatakan penghuni ruko lama nantinya tidak otomatis mendapat ruko di tempat baru. Menurutnya, ada kriteria-kriteria tertentu yang harus dipenuhi penguni lama. “Misalnya mereka yang selama ini tidak pernah membayar sewa atau tidak memenuhi kewajiban di ruko lama tentu tidak akan mendapat ruko baru. Semua ada ketentuannya,” kata dia.

Pada sisi lain, pembangunan GM Mall Boyolali nanti diperkirakan memakan waktu hingga 2 tahun. Pemilik GM Mall Boyolali Maharani mengatakan mal tersebut akan selesai akhir 2020. “[Pembangunannya] 18 bulan sampai 2 tahun. Rencananya, akhir 2020 selesai,” ujarnya melalui pesan singkat kepada Solopos.com.

Diberitakan sebelumnya oleh Solopos.com, pembangunan GM Mal Boyolali segera dimulai. Rencananya pusat perbelanjaan modern yang dibangun di lokasi Stadion Pandan Arang yang juga dikenal sebagai Stadion Sonolayu ini akan berkapasitas parkir 1.100 mobil.

Pembangunan akan diawali dengan perobohan bangunan stadion yang saat ini masih berdiri. Stadion Sonolayu tersebut dipindah di Desa Paras, Kecamatan Cepogo yang saat ini sudah dimulai pembangunannya.