Hati-Hati, 3 Lokasi di Jalan Tembus Tawangmangu-Sarangan Rawan Longsor

Pengendara lewat di dekat bagian tebing di jalanan Tawangmangu Karanganyar yang longsor, Sabtu (8/12 - 2018) lalu. (Solopos/Irawan Sapto Adhi)
16 Desember 2018 04:00 WIB Irawan Sapto Adhi Karanganyar Share :

Solopos.com, KARANGANYAR -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar mencatat sedikitnya masih ada tiga lokasi di jalur tembus Sarangan wilayah Karanganyar yang masuk kategori rawan longsor.

Kepala BPBD Karanganyar, Bambang Djatmiko, menjelaskan tiga lokasi jalan tersebut terbilang rawan longsor karena berbatasan langsung dengan tebing curam dan berkontur tanah labil. Tebing-tebing itu mudah longsor saat ada gerakan atau getaran tanah maupun aliran air saat terjadi hujan.

"Kondisi tanah berupa campuran kerikil dan batu besar membuat tebing ini lebih mudah longsor saat ada getaran ataupun terjadi hujan deras di kawasan jalur tembus Sarangan," kata Bambang saat diwawancarai solopos.com, Sabtu (15/12/2018).

Bambang tidak bisa menyebut secara pasti soal nama lokasi di jalur tembus Sarangan wilayah Karanganyar yang termasuk rawan longsor. 

"Saya enggak tahu namanya [lokasi rawan longsor di jalur tembus Sarangan]. Yang jelas kami sudah bekerja sama dengan Dinas Perhubungan dan Perumahan Kawasan Permukiman Karanganyar untuk memasang rambu bahaya longsor di sana," jelas Bambang.

Bambang pun mengimbau kepada masyarakat yang ingin menuju ke arah objek wisata Sarangan di Magetan, Jawa Timur (Jatim), dari arah Karanganyar untuk lebih berhati-hati saat berkendara Saat terjadi hujan, kata dia, jalur tembus Sarangan juga sering diselimuti kabut tebal.

"Paling baik memang ada upaya untuk menghilangkan bagian tebing yang longsor. Tapi tentu butuh persiapan matang untuk melakukan pekerjaan itu. Sementara kami hanya bisa memasang rambu peringatan bahaya longsor," terang Bambang.

Diwawancarai terpisah, Camat Tawangmangu, Rusdiyanto, juga mengimbau kepada para pengendara agar lebih berhati-hati. Dia meminta kepada untuk terus memperhatikan rambu-rambu lalu lintas yang telah dipasang di jalananan Tawangmangu.