Tahun Baru, Tarif Hotel di Tawangmangu Karanganyar Melejit 3 Kali Lipat

Pengunjung memadati objek wisata di Tawangmangu, seperti pertigaan jalan tembus atau dikenal Pertigaan Cicoa dan Bukit Sekipan, Karanganyar, Minggu (17/6 - 2018). (Solopos/Sri Sumi Handayani)
19 Desember 2018 17:15 WIB Irawan Sapto Adhi Karanganyar Share :

Solopos.com, KARANGANYAR -- Tarif menginap di sejumlah hotel berbintang di Tawangmangu, Karanganyar, melejit untuk pemakaian malam perayaan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

Hotel Indah Palace Tawangmangu misalnya. Manajemen hotel tersebut mematok tarif sewa kamar hotel pada malam perayaan Natal 2018 dua kali lipat dibanding hari biasanya.

Sedangkan pada malam Tahun Baru 2019, tarif sewa kamar dibuat tiga kali lipat dari hari biasanya. Pejabat Marketing Communication Hotel Indah Palace Tawangmangu, Kunti Wulansari, menganggap kenaikan tarif kamar saat peak season seperti libur Natal dan Tahun Baru mer‎upakan hal yang wajar.

Lagi pula, manajemen hotel biasanya bakal menggelar acara spesial pada saat itu. “Seperti pada malam pergantian tahun 2019 nanti, kami bakal menyajikan live music, api unggun, gala dinner, dan puncaknya ditutup dengan pesta kembang api di kompleks hotel,” kata Kunti saat berbincang dengan Solopos.com, Rabu (19/12/2018).

Kunti menyampaikan tarif kamar Hotel Indah Palace Tawangmangu pada hari biasanya hanya Rp550.000/malam. Pada malam Natal 2018 tarif itu berubah menjadi Rp1,1 juta/malam. Sedangkan tarif sewa kamar pada malam Tahun Baru menjadi Rp1,65 juta/malam dan Rp4,5 juta untuk paket family.

Disinggung soal okupansi, Kunti menyebut tinggal sedikit kamar di Hotel Indah Palace Tawangmangu yang masih kosong atau belum dipesan untuk Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

“Untuk malam Tahun Baru 2019, kamar kami belum full booked. Masih tersisa family room sejumlah 3 kamar. Sedangkan kamar lainnya sudah dipesan, bahkan ada yang melakukan pemesanan sejak tahun lalu,” jelas Kunti.

Nava Hotel Tawangmangu juga menaikkan tarif sewa kamar saat libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. Pejabat Marketing Communication Nava Hotel Tawangmangu, Devi Susanti, membeberkan besaran tarif sewa kamar di Nava Hotel Tawangmangu saat high season menjelang Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, yakni Rp1 juta/malam untuk tipe superior, Rp1,1 juta/malam untuk tipe deluxe, dan Rp1,4 juta/malam untuk family suite.

Tarif tersebut lebih tinggi ketimbang tarif sewa kamar pada hari biasanya yang hanya mencapai Rp600.000/malam untuk tipe superior, Rp750.000/malam untuk deluxe, dan Rp1,05 juta untuk family suite.

“Okupansi Nava Hotel jelang perayaan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 sekarang mengalami kenaikan yang cukup signifikan dibanding hari biasa. Hampir setiap hari okupansi kami mencapai 90%. Saat weekend bahkan mencapai 100%,” jelas Devi.

Devi menyampaikan untuk malam Tahun Baru 2019, semua kamar Nava Hotel Tawangamangu sudah dipesan. Sebanyak 67 kamar itu bahkan diklaim telah hambis dipesan sejak Oktober lalu.

Pada perayaan malam tahun baru, Nava Hotel bakal menghadirkan serangkaian acara bertemakan “MoaNava De Adventure”. Rangkaian acara tersebut dimulai dengan adanya “Musica Guide Adventure”, di mana manajemen Nava Hotel akan menggelar gala dinner dengan adanya live music bernuansa klasik di Pine Resto.

“Nava Hotel akan mengajak para tamu untuk bertualang saat malam pergantian tahun, mulai dari gala dinner yang elegan serta countdown party. Berbagai hiburan seperti live music performance, magic attraction, knife juggling, serta aneka doorprize juga telah kami siapkan. Selain itu, Nava Hotel juga akan menghadirkan stall-stall makanan mulai dari BBQ, kambing guling, serta aneka beverages saat countdown party yang disajikan secara gratis bagi semua tamu,” jelas Devi.