Belum Kantongi Izin Wali Kota, Sekolah Swasta Tetap Buka Pendaftaran Awal

Ilustrasi siswa. (Solopos/Dok)
21 Desember 2018 12:57 WIB Ayu Prawitasari Solo Share :

Solopos.com, SOLO — Dinas Pendidikan (Disdik) Solo mencatat belum ada sekolah swasta di Solo yang sudah mengajukan izin memulai pendaftaran penerimaan siswa didik baru (PPDB) 2019. Namun, banyak sekolah yang sudah mulai membuka pendaftaran.

Kepala Disdik Solo, Etty Retnowati, mengaku tahu soal sekolah swasta di Kota Solo yang sudah membuka mendaftaran lebih awal. “Hingga saat ini belum ada sekolah swasta yang membuat surat izin mengenai pendaftaran PPDB lebih awal,” ujarnya kepada reporter Solopos.com, Tamara Geraldine, melalui telepon, Kamis (20/12/2018).

Etty mengaku sebenarnya tidak mempermasalahkan pendaftaran sejak awal. Namun, sekolah/yayasan harus sudah mengantongi izin dari Wali Kota. “Permohonan izin melaksanakan PPDB lebih awal harus disampaikan oleh pihak yayasan yang menaungi sekolah-sekolah swasta itu kepada Wali Kota. Hal itu mengacu pada Peraturan Wali Kota Solo (Perwali) No. 14/2018 Tentang PPDB.

Kepala Sekolah Dasar (SD) Al Firdaus Solo, Ainul Qoyim, mengaku sudah membuka pendaftaran siswa baru sejak Oktober lalu. “Kita sudah membuka sejak Oktober dan sudah ada beberapa orang tua yang menanyakan mengenai pendaftaran siswa baru,” ujar dia.

Ainul Qoyim mengaku pihak sekolah sudah membuat surat mengenai izin pendaftaran PPDB lebih awal. “Sudah membuat surat izin, ini proses perizinan ke Disdik,” ujar dia.

Sementara itu, anggota staf Sekolah Menengah Atas (SMA) Batik 2 Solo yang enggan disebut namanya mengaku sekolahnya sudah membuka pendaftaran PPDB. “Memang kita buka, tetapi baru dimulai Januari tahun depan,” ujar dia.

Libur Natal dan Tahun Baru membuat banyak staf yang mengurus pendaftaran PPDB libur. “Iya banyak staf yang libur, jadi kami buka Januari awal,” ujarnya.

Kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP) Al Abidin, Arif Hidayat, mengaku sedang memproses surat izin pendaftaran lebih awal untuk diberikan ke Dinas Pendidikan. “Memang sudah kami buka sejak November, untuk surat izin sedang kami proses untuk diberikan ke Dinas Pendidikan Solo,” ujar dia.

Pantauan Solopos.com, banyak sekolah swasta yang membuka pendaftaran PPDB, mulai dari SD, SMP, dan SMA. Sekolah yang telah membuka PPDB antara lain, SMP Al Abidin dan SMP Regina Pacis.

“Sudah mulai buka pendaftaran siswa baru, tapi kami tidak mempunyai target siswa,” ujar Menurut Kepala SMP Regina Pacis, Maria Monika Wahyu Utami, di sekolah, Rabu (19/12/2018).

Ada puluhan siswa dari Solo dan sekitarnya seperti Klaten, Sukoharjo, dan Karangnyar telah mendaftar. Pada tahun ajaran 2019/2020, SMP Regina Pacis menerima enam kelas dengan total 192 siswa.