125 Kades Terpilih Sukoharjo Batal Dilantik Hari Ini

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya dan Forkopinda Sukoharjo mengunjungi tempat pemungutan suara (TPS) di Desa Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo, Selasa (11/12 - 2018). (Solopos/Bony Eko Wicaksono)
21 Desember 2018 05:00 WIB Trianto Heri Suryono Sukoharjo Share :

Solopos.com, SUKOHARJO -- Pelantikan kepala desa (kades) terpilih hasil pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di Sukoharjo 11 Desember lalu diundur. Jadwal pelantikan semula pada 21 Desember tetapi diundur jadi 26 Desember.

Alasan pemunduran jadwal pelantikan itu terkait kesiapan kades terpilih, seperti kesiapan seragam pelantikan dan keluarga. Pernyataan itu disampaikan Kabag Humas dan Protokol Pemkab Sukoharjo, Joko Nurhadiyanto, ditemui Solopos.com, Kamis (20/12/2018).

“Pelantikan kades terpilih diundur 26 Desember. Jeda antara hari H pilkades serentak dengan pelantikan dimaksudkan untuk memberi waktu bagi cakades terpilih menyiapkan kelengkapan pelantikan. Siapa tahu seragam pelantikan belum jadi pada 21 Desember sehingga diundur,” katanya.

Pencoblosan pilkades serentak digelar 11 Desember. Sehari kemudian atau 12 Desember tahapan laporan panitia pilkades ke BPD. Kemudian pada 13-14 Desember tahapan penyampaikan Kades terpilih kepada Bupati, pada 17-21 Desember tahapan penyusunan SK Bupati dan persiapan pelantikan serta pada 21 Desember diagendakan pengambilan sumpah dan pelantikan kades terpilih.

Sementara itu, beberapa kepala desa terpilih, seperti Kepala Desa Tawang, Kecamatan Weru, Maryanto; Kepala Desa Kedungsono, Kecamatan Bulu, Supriyadi; dan Kades Karangasem, Kecamatan Bulu, Bambang Minarno, mengaku telah menerima pemberitahuan penundaan jadwal pelantikan dari Pemkab.

Supriyadi dan Bambang menjelaskan akan ada pelantikan Pj Kades yang diisi aparatur sipil negara (ASN). “Besok [Jumat] pelantikan Pj Kades karena masa kerja kades lama berakhir,” ujar Bambang.

Hal sama disampaikan Kades Tawang, Maryanto. Dia mengaku kades terpilih sudah diberitahu adanya penundaan pelantikan.

“Bapak Bupati mempunyai agenda yang lebih penting dan sudah diberi tahu sebelumnya akan ditunda. Kapan pun dilakukan pelantikan kami sudah siap.”