Tol Colomadu Padat, Pintu Keluar Ditambah

Sejumlah kendaraan mengantre di Gerbang Tol Colomadu di Ngasem, Colomadu, Karanganyar, Minggu (23/12/2018). (Solopos - Iskandar)
23 Desember 2018 18:15 WIB Iskandar Karanganyar Share :

Solopos.com, KARANGANYAR -- Arus lalu lintas (lalin) di Gerbang Tol Colomadu (GTC) Karanganyar padat pada musim liburan menjelang Natal dan Tahun Baru 2019. Kepadatan terjadi di jalur kendaraan dari arah timur menuju pintu keluar menuju Jogja, Kartasura, dan sekitarnya.

“Menjelang siang ini arus keluar padat sekali karena itu kami harus membuka satu pintu lagi untuk difungsikan sebagai pintu keluar. Dengan demikian pintu keluar menjadi empat dan pintu masuk dua,” ujar Kepala Shift GTC, Satria, ketika ditemui di ruang kerjanya, Minggu (23/12/2018).

Menurut dia, arus lalin yang keluar GTC meningkat tajam pada Mingu pagi. Karena itu, pada pukul 11.45 WIB pengelola tol membuka satu pintu di GTC yang semula difungsikan sebagai pintu masuk diubah menjadi pintu keluar.

Hal itu dilakukan guna mengurangi kepadatan arus lalin keluar yang mengantre di GTC. Pada Minggu siang antrean panjang kendaraan sempat terjadi hingga 200 meter lebih.

Dia menjelaskan arus lalin yang melintas di GTC sejak Sabtu (22/12/2018) meningkat tajam. Berdasar catatannya kendaraan yang masuk GTC pada Sabtu sebanyak 6.273 unit dan yang keluar 11.409 unit.

Sedangkan sehari sebelumnya yaitu Jumat (21/12/2018) kendaraan yang masuk sebanyak 1.334 unit dan yang keluar 1.408 unit. Kondisi ini membuat petugas bekerja ekstra memantau pergerakan arus lalin.

Sementara itu, Kepala Jaga Polres Karanganyar di dekat GTC di Ngasem, Ipda Sumarso Widiyatmoko, membenarkan ramainya arus lalin pada Sabtu lalu. “Hari Sabtu arus lalu lintas ramai sejak pagi hari sampai sore. Hari ini [Minggu] keramaian juga terjadi sejak pagi hari,” ujar dia.