33 Bus Mudik Gratis Kemenhub dan Jasa Raharja Masuk Terminal Tirtonadi Solo

Puluhan bus Mudik Gratis yang diberangkatkan dari Terminal Tirtonadi Solo menuju TMII, Jakarta, Jumat (22/6 - 2018). (Solopos/M. Ferri Setiawan)
24 Desember 2018 20:15 WIB Ratih Kartika Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Sebanyak 33 unit bus mudik gratis dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Jasa Raharja untuk musim libur Natal dan Tahun Baru 2019 tiba di Terminal Tirtonadi, Minggu (23/12/2018) malam.

Bus-bus tersebut mengangkut penumpang jurusan Soloraya. Koordinator Terminal Tipe A Tirtonadi, Joko Sutriyanto, mengatakan sekitar 50 bus mudik gratis berangkat dari Monas, Jakarta, menuju wilayah-wilayah di Jawa Tengah. Setiap bus mengangkut sekitar 40 penumpang.

Dari 50 bus itu, 33 bus menurunkan penumpang di Terminal Tirtonadi Solo dan sebagian lainnya turun di Semarang dan Terminal Giwangan,Yogyakarta. "Mudik gratis paling banyak di area Soloraya. Penurunan penumpang juga difokuskan di Terminal Tirtonadi Solo," jelas Joko, Senin (24/12/2018).

Kemenhub tahun ini memfasilitasi mudik gratis ke kampung halaman masing-masing pada liburan Natal dan Tahun Baru 2019. Para pemudik yang turun di Terminal Tirtonadi disediakan armada bus menuju Karanganyar, Sragen, Boyolali, Wonogiri, dan wilayah-wilayah lainnya.

"Para penumpang berangkat pada Sabtu [22/12/2018] dan sampai di Terminal Tirtonadi, Minggu [23/12/2018] malam," jelas Joko.

Penumpang yang pulang ke kampung halaman sengaja difasilitasi armada bus agar penumpang tidak pulang kampung naik sepeda motor. Penumpang hanya diberikan fasilitas pulang kampung gratis.

Apabila penumpang ingin kembali ke perantauan dapat membeli tiket dari wilayah masing-masing. "Penumpang diberikan fasilitas bus agar tidak kecapaian ketika kembali ke kampung halaman dan konsentrasi tidak buyar. Kan penginnya kalau pakai motor cepat sampai. Itu bisa jadi bahaya," kata Joko.