ISI Solo Gelar Pertunjukan Seni Adaptasi Buku Pramudya Ananta Toer

Pertunjukan seni ISI Solo (Istimewa/ISI Solo)
26 Desember 2018 17:00 WIB Septina Arifiani Solo Share :

Solopos.com, SOLO – Himpunan Mahasiswa Teater Instutut Seni Indonesia (ISI) Surakarta mempersembahkan presentasi karya dengan judul Pertempuran. Karya ini diadaptasi dari buku Mangir karya Pramudya Ananta Toer.

Acara yang akan digelar Teater Besar ISI Surakarta pada Jumat (28/12/2018/2018) pukul 19.30 WIB ini gratis terbuka untuk umum. Menurut Pimpinan Produksi, Faris Aprianto, pentas ini hasil kerja sama dengan Jurusan Tari, Jurusan Etnomusikologi, Jurusan Karawitan, Prodi TV & Film, siswa-siswi jurusan Seni Musik SMKN 8 Solo dan seluruh mahasiswa Program Studi Teater ISI Surakarta.

“Eksistentensi seni pertunjukan tradisional selalu dihadapkan dengan realitas global yang mengedepankan kreativitas, pasar, dan kalangan muda. Oleh karenanya kesenian tradisi cenderung ditinggalkan oleh kalangan muda. Harus ada pola yang berbeda untuk menumbuhkan kesadaran kalangan muda terhadap kesenian tradisi, karena pola yang ada belum mampu sepenuhnya menumbuhkan kesadaran tersebut,” kata Faris sebagaimana rilis yang diterima Solopos.com, Rabu (26/12/2018).