Indonesia Mendongeng di Sondokoro Karanganyar Diserbu Seribuan Santri

Seribuan santri memadati kawasan wisata Sondokoro, Tasikmadu, Karanganyar, Selasa (25/12/2018). (Solopos - Irawan Sapto Adhi)
26 Desember 2018 00:15 WIB Irawan Sapto Adhi Karanganyar Share :

Solopos.com, KARANGANYAR -- Acara Silaturahmi Akbar Santri TPQ Se-Nusantara VI bertema “Indonesia Mendongeng #6” yang digelar Badan Koordinasi (Badko) TPK Kecamatan Tasikmadu di Agrowisata Sondokoro kompleks Pabrik Gula Tasikmadu, Karanganyar, Selasa (25/12/2018), dihadiri 1.000 lebih santri.

Ketua Panitia Acara, Siti Rahmawati, mengklaim jumlah santri yang ikut acara itu mencapai 1.071 orang. Jumlah tersebut di luar perkiraan panitia acara yang hanya menargetkan kehadiran 500 santri.

Dia menduga membeludaknya jumlah santri yang datang itu dipengaruhi pilihan lokasi acara di Sondokoro. Siti mengatakan acara silaturahmi akbar santri TPQ selama ini sering kali digelar di masjid atau gedung pertemuan.

"Kami yakin belum semua santri di wilayah Tasikmadu pernah mengadakan agenda wisata ke Sondokoro. Nah, inilah saatnya. Alhamdulillah yang datang bisa melebihi target. Kami awalnya prediksi jumlah peserta hanya 500 orang," kata Siti kepada Solopos.com, Selasa.

Siti menjelaskan silaturahmi akbar santri TPQ digelar secara serentak di Indonesia dengan tujuan mengisi waktu libur sekolah melalui kegiatan yang bermanfaat. Dia menyebut para santri yang datang ke Sondokoro lantas disuguhi pertunjukan dongeng dengan tema "Anak Soleh Harus Punya Cita-Cita yang Tinggi dan Mulia".

Bukan hanya dongeng, para santri TPQ itu juga diajak ikut lomba mewarnai. Siti menuturkan acara silaturahmi akbar di Sondokoro terpantau dihadiri juga oleh santri dari 6 TPQ di luar Tasikmadu.

"Kami sangat berterima kasih kepada Manager PG Tasikmadu yang telah memberikan izin untuk memakai aula lapangan tenisnya. Kami juga berterima kasih kepada Wakil Bupati Karanganyar, Rober Christanto, yang tadi rawuh untuk memberikan sambutan sekaligus menyalurkan bantuan untuk pelaksanaan kegiatan ini," jelas Siti.