Bocah 6 Tahun Meninggal Dalam Laka Karambol 2 Mobil dan 1 Motor di Sukoharjo

Mobil Toyata Avanza yang terbalik setelah dihantam Daihatsu Ayla di jalar raya Sukoharjo-Wonogiri depan Makam Desa Songgorunggi, Selasa (1/1/2018). (Solopos - Indah Septiyaning W.)
01 Januari 2019 19:30 WIB Indah Septiyaning Wardhani Sukoharjo Share :

Solopos.com, SUKOHARJO -- Dua mobil dan satu sepeda motor terlibat kecelakaan karambol di Jalan Raya Sukoharjo-Wonogiri KM 18 tepatnya di depan Makam Desa Songgorunggi, Sukoharjo, Selasa (1/1/2019).

Satu orang meninggal dunia akibat kejadian itu. Sedangkan sejumlah orang lainnya mengalami luka ringan hingga berat dan dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sukoharjo.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, kecelakaan yang terjadi sekitar pukul 14.30 WIB itu bermula saat mobil Daihatsu Ayla berpelat AD 9246 RP yang dikemudikan Rahmat Widiyatmoko, 47, warga Jl. Flamboyan IV Ngringo, Jaten, Karanganyar, melaju dari arah selatan ke utara atau Wonogiri menuju Sukoharjo.

Sementara dari arah berlawanan melaju Toyota Avanza berpelat B 1887 QM yang dikemudikan Agung Budi Santoso, 23, warga RT 001/RW 005 Jeporo, Jatipurno, Wonogiri. Tepat di belakangnya melaju sepeda motor Yamaha Xeon berpelat AD 5210 JK yang dikendarai Hariyanto, 43, warga Daleman, Nguter, Sukoharjo, bersama anak dan istrinya.

Sesampainya di lokasi kejadian, mobil Daihatsu Ayla berusaha mendahului kendaraan di depanya dari arah kanan. Kendaraan ini diduga melaju cukup kencang hingga keluar dari jalur. Lantaran jarak yang terlalu dekat Daihatsu Ayla itu menyerempet mobil Avanza yang melaju dari arah berlawanan.

Pengemudi Avanza yang membawa tujuh penumpang langsung membanting setir ke arah kiri hingga mobil berguling tiga kali dan akhirnya berhenti setelah menabrak pohon. Mobil tersebut menabrak pohon dalam kondisi terbalik.

Tak berhenti di situ, mobil Ayla yang berpenumpang enam orang itu juga menabrak sepeda motor Yamaha Xeon berpenumpang tiga orang hingga terjatuh dan terpental di jalanan. Anak yang menumpang sepeda motor itu, Naufal Akbar Zaky, 6, meninggal dunia di lokasi.

Bocah cilik ini meninggal lantaran mengalami cedera yang cukup parah di kepala. Sedangkan pengemudi sepeda motor Haryanto dan istrinya Sri Widati mengalami luka serius dan menjalani perawatan intensif di rumah sakit.

Setelah menabrak Avanza dan motor Yamaha Xeon, mobil Ayla oleng ke kanan dan membentur pohon. "Saya tidak sadar saat menabrak itu. Posisinya waktu itu hujan dan saya berusaha menyalip, tapi di depan sudah ada Avanza," kata sopir mobil Ayla, Rahmat Widiyatmoko, ketika dijumpai Solopos.com di TKP.

Rahmat kala itu bersama keluarganya baru saja menghadiri acara pernikahan saudaranya di Wonogiri dan hendak pulang ke Ngringo. Saat kejadian itu dia sempat tak sadarkan diri.

"Saat sadar saya langsung melihat kondisi istri, anak, keponakan dan mertua di mobil. Semuanya mengalami luka-luka dan dibawa ke rumah sakit," katanya.

Sementara itu, salah satu penumpang mobil Avanza, Akhmad Hasan Ali, 23, mengaku masih shock atas kejadian itu. Dirinya tak menyangka mobil yang ditumpanginya bersama enam anggota keluarganya harus terguling-guling tiga kali hingga menabrak pohon.

"Waktu itu saya duduk di bagian depan dan kondisinya di depan tidak ada kendaraan. Tapi tiba-tiba dari arah berlawanan mobil Ayla melaju dan keluar jalur sampai mobil kami banting setir ke kiri dan ditabrak lalu terguling," katanya.

Seluruh penumpang mobil mengalami luka-luka, sebagian karena terkena benturan saat mobil terguling-guling. Kanit Laka Polres Sukoharjo Iptu A. Jaelani mengatakan langsung melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dalam peristiwa laka karambol tersebut.

Dalam kejadian ini satu orang dinyatakan meninggal dunia di lokasi, satu orang luka berat, dan tiga orang mengalami luka ringan. "Kami langsung meminta keterangan dari sopir Ayla dan Avanza. Hingga kini masih proses penyelidikan," katanya.