PNS Karanganyar Tersesat Saat Mendaki Gunung Lawu

Tim gabungan menemukan pendaki yang tersesat, Bambang Santoso (tengah), setelah menyisir di hutan di daerah Tambak, Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar, Rabu (2/1/2019). (Istimewa - Basarnas Pos SAR Solo)
02 Januari 2019 20:40 WIB Sri Sumi Handayani Karanganyar Share :

Solopos.com, KARANGANYAR -- Seorang pegawai negeri sipil (PNS) salah satu SD di Kecamatan Kerjo, Karanganyar, Bambang Santoso, 55, tersesat di hutan Gunung Lawu, wilayah Tambak, Desa Berjo, Ngargoyoso, Karanganyar, Selasa (1/1/2019). Warga Dukuh Randubener, Desa Kuto, Kecamatan Kerjo, itu ditemukan dalam kondisi selamat pada Rabu (2/1/2019) siang.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, Rabu, kabar mengenai Bambang yang tersesat saat mendaki Gunung Lawu itu disampaikan salah satu kerabat Bambang melalui pesan berantai. Isi pesan itu meminta bantuan sukarelawan di Karanganyar untuk mencari Bambang. Tim gabungan menanggapi permintaan itu dan menghubungi keluarga Bambang.

Bambang diketahui berangkat mendaki pada Selasa (1/1/2019). Dia berangkat dari rumah ke Kemuning mengendarai sepeda. Sampai Kemuning, Bambang menitipkan sepeda di rumah warga setempat.

Dia berlari-lari ke arah hutan Tambak. Bambang sempat mengirimkan pesan melalui aplikasi Whatsapp kepada anaknya pada Selasa pukul 20.00 WIB. Isinya mengabarkan dirinya tersesat di hutan.

Bambang juga mengatakan berada di sekitar Jembatan Merah. Satu tim gabungan diterjunkan ke lokasi untuk menyisir.

Anggota Basarnas Pos SAR Solo sekaligus Koordinator Operasi Tim Gabungan, Tri Puji Sugiharto, menyampaikan upaya pencarian pada Rabu (2/1/2019) melibatkan anggota Polsek Ngargoyoso, Koramil Ngargoyoso, sukarelawan Anak Gunung Lawu (AGL), Rimba Lawu, Relawan Ceto (Reco), BPBD Karanganyar, Tim SAR Karanganyar, MDMC Karanganyar, warga, dan lain-lain.

"Bambang ditemukan kurang lebih 4,2 kilometer dari pos komando [posko] Tambak di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso," kata Tri saat dihubungi Solopos.com, Rabu.

Dia menceritakan proses tim gabungan menemukan Bambang. Tim menyisir jalur trail. Saat itulah mereka menemukan Bambang pada pukul 15.30 WIB.

"Kondisinya selamat. Cuaca saat [Bambang] ditemukan hujan deras. Keberhasilan ini berkat dukungan seluruh anggota tim gabungan."