Yuk Ikut Try Out SNMPTN 2019 ITB di Solo

http://soloraya.solopos.com/read/20190102/489/962267 - orang/tua/siswa/solo/kecewa/sktm/tidak/lagi/jadi/syarat/ppdb/2019
03 Januari 2019 04:00 WIB Chelin Indra Sushmita Solo Share :

Solopos.com, SOLO – Ujian masuk perguruan tinggi (PT) menjadi hal menantang bagi pelajar yang baru saja lulus pendidikan di jenjang sekolah menengah atas (SMA). Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) selalu dilakukan setiap tahun yang diikuti banyak orang.

Namun, tidak semua peserta SNMPTN dinyatakan lulus dan berhasil masuk PT impian. Peluang tersebut dimanfaatkan sejumlah lembaga untuk mengadakan try out atau tes uji coba menjelang SNMPTN. Tes uji coba tersebut sangat bermanfaat sebagai bekal siswa sebelum mengikuti SNMPTN.

Melihat peluang tersebut, paguyuban mahasiswa Institut Teknologi Bandung, Jawa Barat, di wilayah Solo, Jawa Tengah, Widya Kelana, akan mengadakan try out atau tes uji coba Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Try out tersebut rencananya digelar di SMA N 1 Solo, Minggu (6/1/2019) mulai pukul 06.30 WIB.

Try out yang digelar Widya Kelana terbilang cukup istimewa. Try out tersebut bukan hanya digelar di Solo, melainkan di sejumlah wilayah Indonesia lainnya secara serentak. Try out Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (TONAMPTN) tersebut sengaja digelar khusus untuk memberikan bekal kepada calon mahasiwa. Selain itu, acara ini sekaligus memperkenalkan ITB.

"Try out ini cukup istimewa karena soalnya dibuat khusus oleh tim dari ITB. Jadi, jenis soalnya jelas berbeda dari yang biasanya ada di berbagai try out lainnya. Try out ini diselenggarakan serentak di berbagai wilayah di Indonesia," kata panitia TONAMPTN 2019, Dityas, saat berbincang dengan Solopos.com di Griya Solopos, Rabu (2/1/2019).

Nantinya, hasil try out yang diikuti peserta bakal diperingkat secara nasional dan regional. Adapun peserta yang berhasil mendapat peringkat I, II, dan III, di tingkat nasional maupun regional bakal mendapat hadiah khusus. Setiap juara di Soloraya mendapat hadiah uang tunai sebesar Rp500.000, Rp300.000, dan Rp200.000. Sedangkan di tingkat nasional, para juara berhak menerima uang tunai sebesar Rp2 juta, Rp1,5 juta, dan Rp750.000.

TONAMPTN 2019 yang digelar Paguyuban Widya Kelana dimeriahkan dengan konsultasi gratis memilih jurusan yang cocok. Ada pula seminar motivasi untuk membangkitkan rasa percaya diri peserta. Semua acara ini dilakukan sebagai sarana promosi ITB ke masyarakat daerah.

"Jadi ITB punya program AMI (Aku Masuk ITB) yang tujuannya mengenalkan kampus ke masyarakat daerah. Nah, Widya Kelana ini merupakan perpanjangan tangan ITB menjalankan program AMI di Solo," sambung Dityas, mahasiswa Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian ITB.

Bagi yang tertarik mengikuti TONAMPTN 2019 dari Widya Kelana bisa mendaftar secara online lewat situs www.wikatonamptn.com dengan biaya Rp35.000. Jika tidak mau repot, calon peserta bisa mendaftar langsung sebelum try out dimulai dengan membayar Rp40.000.