Tim Karanganyar dan Solo Ikut Cari Pendaki Magelang Hilang di Lawu

Pendaki turun dari Gunung Lawu melalui jalur pendakian Ceto pada Rabu (20/6 - 2018). (Solopos/Sri Sumi Handayani)
03 Januari 2019 21:15 WIB Sri Sumi Handayani Karanganyar Share :

Solopos.com, KARANGANYAR -- Tim dari Karanganyar dan Solo ikut mencari pendaki asal Magelang yang hilang di Gunung Lawu sejak Selasa (2/1/2018). Mereka terdiri atas Basarnas Pos Solo, TNI, Polri, sukarelawan Anak Gunung Lawu (AGL), BPBD Karanganyar, MDMC, Relawan Cetho (Reco), Relawan Karangpandan (Rendan), PMI Karanganyar, SAR MTA, dan warga sekitar.

Koordinator lapangan pencarian pendaki dari Basarnas Pos SAR Solo, Amar Suudi, menyampaikan tim gabungan itu ikut mencari pendaki bernama Alvi Kurniawan, 20, yang hilang saat mendaki puncak Lawu bersama beberapa temannya. Proses pencarian dimulai Rabu (2/1/2019).

Hari ini, Kamis (3/1/2019), proses pencarian dilanjutkan. Tim gabungan dibagi menjadi dua, yakni tim satu berangkat lebih dahulu menyisir ke puncak Gunung Lawu. Tim sampai Pasar Dieng pukul 08.00 WIB.

Mereka menyisir lokasi tersebut hingga puncak Gunung Lawu tetapi hasilnya nihil. Tim satu belum menemukan Alvi. "Pukul 13.00 WIB tadi digerakkan tim dua menyisir di lokasi yang sama. Lokasi survivor dilaporkan hilang dari Pasar Dieng ke puncak. Ini baru sampai pos tiga, masih proses perjalanan. Satu tim ada delapan orang," kata Amar saat dihubungi Solopos.com, Kamis pukul 15.54 WIB.

Amar menceritakan menurut keterangan rekan Alvi yang sudah turun dan melaporkan kejadian tersebut, Alvi hilang kontak dengan teman-temannya setelah sampai Pasar Dieng hendak naik ke puncak. Amar menggambarkan Pasar Dieng menyerupai padang sabana, tidak ada tebing di sekitarnya.

Pendaki bisa memandang tanpa penghalang pepohonan. "Persoalannya kondisi di atas saat ini mendung, hujan, dan kabut. Itu menyulitkan kami karena jarak pandang terbatas. Kami menyisir lagi ke jalur pendakian. Tim lain dari Magetan Cemoro Sewu, Cemoro Kandang, juga mencari," jelas dia.

Amar menyampaikan proses pencarian akan dilakukan semaksimal mungkin. Dia berharap Alvi lekas ditemukan. Standard operating procedure (SOP) pencarian hanya tujuh hari. Tetapi proses pencarian akan dilanjutkan apabila selama masa tujuh hari ditemukan tanda-tanda keberadaan Alvi.