Sumbangan Dana Kampanye PDIP Sukoharjo Rp1,19 Miliar, Partai Garuda dan PBB Nol Rupiah

Ketua KPU Sukoharjo, Kuswanto, menyerahkan tanda bukti penerimaan LADK kepada Ketua Perindo, Ngatman, di Kantor KPU Sukoharjo, Minggu (23/9 - 2018). (Istimewa/Kuswanto)
04 Januari 2019 14:45 WIB Indah Septiyaning Wardhani Sukoharjo Share :

Solopos.com, SUKOHARJO—Sumbangan dana kampanye partai politik di Kabupaten Sukoharjo, PDIP menjadi parpol terbesar memiliki sumbangan dana kampanye, yakni senilai Rp1,19 miliar, sedangkan Partai Garuda dan PBB nol rupiah.

Laporan dana kampanye itu telah diterima Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo sesuai batas penyampaian laporan, Rabu (3/1/2019). Ketua KPU Kabupaten Sukoharjo, Nuril Huda, mengatakan sebanyak 14 parpol telah meyerahkan laporan sumbangan dana kampanye ke KPU secara tepat waktu. Beberapa parpol harus memperbaiki berkas laporan karena dalam pelaporannya tidak sesuai aturan penyusunan.  Hal inipun sempat menghambat proses input data laporan di KPU. 

"Kendala lain juga ditemukan dalam penyusunan berkas yang tidak sesuai antara laporan dengan lampiran. Namun secara umum pelaporan sudah baik," ujar dia kepada wartawan, Jumat (4/1/2019).

Namun demikian, dia memahami kendala-kendala parpol dalam menyusun laporan sumbangan dana kampanye tersebut. Sebab parpol dalam menyusun laporan melalui input langsung dari calon anggota legislatif (caleg). Hal ini sedikit banyak berdampak pada kurang akuratnya dalam input data. 

"Dalam perbaikan berkas peran KPU juga hanya memberikan pendampingan dan tidak terlibat dalam penyusunan. Seluruh proses harus dilakukan sendiri oleh parpol," katanya. 

Setelah seluruh parpol menyerahkan laporan sumbangan dana kampanye, tahapan selanjutnya akan dikerjakan KPU dengan melibatkan akuntan publik dalam mengaudit laporan dana tersebut. Akuntan publik independen ini dilibatkan guna mengetahui tingkat akuntabilitas laporan masing masing parpol. Laporan sementara sumbangan dana kampanye ini telah dipublikasikan secara resmi di web resmi KPU Kabupaten Sukoharjo. “Semua bisa memantau langsung di web KPU,” papar dia.

Adapun hasil rekapituasi laporan sumbangan dana kampanye parpol peserta pemilu 2019 yang masuk ke KPU Kabupaten Sukoharjo. Jumlah sumbangan PKB senilai Rp 14 juta, Partai Gerindra Rp 1,27 juta, PDIP Rp 1,19 miliar, Partai Golkar Rp 68,3 juta, Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Rp 1 juta, Partai Garuda Rp 0, Partai Berkarya Rp 13,7 juta, PKS Rp 126,3 juta, PPI Rp 250.000, PPP Rp 280.000, PSI Rp 2,8 Juta, PAN Rp 84,1 juta, Partai Demokrat Rp 9,1 juta dan PBB Rp 0.